Bali Gencar Booster, Seluruh Kabupaten/Kota Zona Kuning

oleh -739 Dilihat
Gubernur Bali, Wayan Koster

DENPASAR, POS BALI – Gubernur Bali Wayan Koster menyatakan tidak ada kekhawatiran terkait peningkatan Covid-19 pasca libur Lebaran. Menurutnya, Bali gencar menggelar vaksinasi hingga booster dan banyak kegiatan diadakan di Bali.

 

Kegiatan yang melibatkan jumlah massa yang cukup banyak itu sampai saat ini tak menunjukkan tanda-tanda kenaikan angka Covid-19. Hingga Minggu 1 Mei 2022, kasus positif 13 orang, sembuh 13, dan meninggal dunia bertambah 1 orang.

 

Selain itu, seluruh kabupaten/kota di Bali berada pada zona kuning (risiko rendah). Sementara itu, kasus aktif hingga saat ini hanya 187 orang. Mereka dirawat di RS Rujukan sebanyak 26 / 13,90 %, dan isolasi mandiri 161 / 86,10 % pasien.

 

“Dengan banyak kegiatan yang cukup banyak melibatkan orang di Bali, sudah teruji tidak ada lonjakan kasus,” kata Koster di Bandara Ngurah Rai Bali beberapa waktu lalu.

 

Ia memberikan perbandingan, pada saat pelaksanaan Nyepi Maret 2022 lalu, masyarakat menggelar pawai ogoh-ogoh di semua Desa di Bali

 

“Bahkan di Denpasar sangat ramai peserta pawai ogoh-ogoh. Tapi, dua hingga tiga minggu  setelah pawai datanya stabil. Biasanya kalau ada kerumunan, dalam dua minggu kasusnya naik, dan dalam empat minggu terjadi lonjakan,” ujarnya.

 

Pun demikian dengan berlakunya kebijakan tanpa karantina dan Visa on Arrival (VoA) untuk wisman. Gubernur menekankan, data menunjukkan tidak ada lonjakan kasus baru, bahkan cenderung mengalami penurunan.

 

Dengan membaiknya Covid-19 dan tingginya pencapaian vaksin booster, menurut Koster telah menciptakan suasana yang nyaman, aman, dan kondusif bagi kunjungan wisatawan ke Bali. Sehingga, jumlah wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Bali semakin meningkat.

 

“Vaksin booster sampai tanggal 30 April 2022 sudah mencapai lebih dari 65%. Pencapaian yang baik ini berkat kerja keras bersama, sinergi dan kolaborasi semua pihak,” jelasnya.

 

Penanganan Covid-19 di Bali ini berbanding lurus dengan meningkatnya kunjungan turis asing ke Bali. Sampai saat ini, ada 11 maskapai yang melayani penerbangan Internasional ke Bali. Jumlah itu akan bertambah lagi oleh Maskapai Emirates dan Thai Air, pada tanggal 1 Mei 2022.

 

Penerbangan internasional ke Bali pada 1 sampai 30 Maret 2022 mencapai 123 pesawat, dengan total penumpang wisatawan mancanegara sebanyak 17.250 orang, rata-rata sebanyak 575 orang per hari.

 

Pada 1 sampai 30 April, jumlah penerbangan internasional ke Bali meningkat menjadi 305 pesawat atau meningkat 148% dibanding bulan Maret. Total penumpang wisatawan mancanegara sebanyak 66.685 orang dan meningkat drastis 287% dibanding bulan Maret, atau rata-rata sebanyak 2.222 orang per hari.

 

Sedangkan jumlah penerbangan domestik ke Bali pada 1 sampai 30 Maret sebanyak 2.188 pesawat. Total penumpang sebanyak 276.619 orang atau rata-rata sebanyak 9.220 orang per hari. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *