Purana Wellness, Teten Pelajari Kearifan Lokal Bali

oleh -463 Dilihat
Menteri Teten Masduki saat berada di Unhi Bali

DENPASAR, POS BALI – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Teten Masduki mengunjungi Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Bali, di Jalan Sangalangit, Tembau Penatih, Denpasar, Jumat (6/5).

Dari pantauan wartawan Pos Bali, Kedatangan Menteri tampak disambut Rektor Unhi Prof Made Damriyasa, Ketua PHDI Wisnu Bawa Tenaya, staf Unhi, dan tamu undangan lainnya.

Teten juga mengunjungi produk kearifan lokal. Bahkan Teten disuguhi live musik yang dipersembahkan tiga mahasiswa. Di tengah-tengah kunjungan itu, Teten diberikan kejutan kue ulang tahun. Karena hari ini dia genap berusia 59 tahun.

Seusai kejutan itu, Teten tampak berjalan dan menyempatkan diri menandatangani pameran mural. Teten kemudian meninjau International Centre for Cultural Studies (ICCS), Purana Wellness by Griya Sehat Unhi Bali.

Purana Wellness ini, merupakan pusat untuk mempelajari kearifan lokal yang bersumber dari sastra. Purana Wellness ini bermakna sebagai kebugaran berdasarkan lontar Bali kuno, melestarikan ramuan leluhur kehidupan orang Bali.

“Kedatangan menteri ke Unhi bertanda baik. Paling tidak Pak Teten ingat Unhi,” kata Damriyasa menyambut kedatangan Teten Masduki di Aula Indraprasta, Unhi Bali.

Bahkan saking tegangnya, Damriyasa sempat salah ucap. Selamat datang di Unhi, rektor mengucap selamat datang di Universitas Udayana.

Damriyasa merasa sangat terhormat dengan kedatangan Teten. Karena Unhi saat ini fokus mengembangkan Bali Wellness.

Selain itu, lanjut dia, Unhi memiliki banyak program dalam membangkitkan UMKM akibat pandemi Covid-19 yang melanda sejak medio Maret 2022. “Kedatangan pak menteri menjadi tanda kebangkitan Pariwisata di Bali,” katanya.

Sementara itu, Teten Masduki menyampaikan tidak akan lupa atas penyambutan dan juga kejutan ulang tahun di kampus ini.

Menurutnya, saat ini Kementerian Koperasi dan UKM sedang menata ekosistem untuk tumbuh berkembang koperasi dan UMKM. Mulai dari akses permodalan hingga teknologi.

“UMKM tidak lagi dipandang ekosistem rumah tangga, karena faktanya UMKM penopang ekonomi nasional,” ungkapnya.

Namun, lanjut dia, potensi yang luar biasa ini tidak pernah dilihat serius. Padahal 96 persen lapangan pekerjaan ada di UMKM. “Koperasi dan UMKM sebagaintulang punggung perekonomian nasional,” harapnya.

Cetak Enterprenur Muda

Teten Masduki berharap Bali mampu mencetak entrepreneur muda. Mengingat Bali sangat berpotensi melakukan itu. Apalagi UMKM di Bali memiliki potensi luar biasa.

“Unhi saya harap terus menggali potensi apa yang dimiliki. Melirik keunggulan domestik,” ujarnya.

Teten juga sedang melirik wellness produk yang dimiliki Unhi. Karena itu, Teten mengucap selamat atas kehadiran Purana Wellness di Unhi.

“Jadi ini nanti yang akan menjadi prioritas kita. Kita sudah punya basis baik produk wellness Jawa dan Bali,” katanya.

Belajar dari pandemi, Bali tidak lagi mengandalkan pariwisata saja. Tapi membangun ekosistem pariwisata di dunia melalui SDM yang dimiliki Bali. “Saya kira kita bisa,” ungkapnya.

Dia menambahkan, Bali memiliki bahan pokok wellness yang sangat lengkap. Sumber daya alam, hingga kreativitas masyarakat Bali.

“Produknya wellness juga sangat berpontensi tinggi. Bahkan spa terbaik di dunia ada di Bali,” tandasnya. alt

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *