Pandemi Jadi Endemi, Surat Koster ke Menteri

oleh -708 Dilihat
Gubernur Bali, Wayan Koster

DENPASAR, POS BALI – Gubernur Bali, Wayan Koster terus berjuang keras untuk mempercepat pemulihan pariwisata Bali. Setelah sukses memperjuangkan Visa on Arrival (VoA), bebas karantina, dan tanpa PCR bagi wisatawan yang tuntas mengikuti vaksinasi, kini gubernur asal Sembiran ini kembali melakukan permohonan ke pusat untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bali.

Koster bersurat ke Menteri Kesehatan RI untuk merubah status dari pandemi menjadi endemi. Surat itu bernomor 773/SatgasCovid19/V/2022, tertanggal Selasa (17/5), perihal permohonan penetapan status endemi untuk Bali. Karena, kasus Covid-19 di Bali telah melandai. Selain itu, permohonan ini juga sebagai upaya pemulihan pariwisata dan perekonomian Bali.

Koster menyampaikan, perkembangan pandemi Covid-19 di Provinsi Bali sudah melandai. Yakni kasus terkonfirmasi positif harian terus mengalami penurunan secara konsisten dan signifikan, melandai dan stabil pada angka 10-20 orang per hari.

“Positive rate selalu di bawah 2%, tingkat kesembuhan kumulatif mencapai 97%, dan angka kematian mendekati nol. “Kondisi yang stabil ini tetap terjaga,” kata Koster.

Koster juga mengungkap bahwa di Bali telah berlangsung beberapa pertemuan internasional yang melibatkan banyak peserta, dan itu tidak memicu terjadinya kenaikan kasus.

Diantaranya Pertemuan Parlemen Sedunia (IPU) dan Pertemuan Konvensi Minamata, aktivitas adat berupa pawai ogoh-ogoh yang melibatkan ribuan orang, kemudian upacara keagamaan di Pura Besakih, hingga membludaknya kunjungan wisatawan domestik pada saat libur Lebaran kemarin.

Menurutnya, melandainya kasus di Bali karena tidak terlepas dari tingkat pencapaian vaksinasi di Provinsi Bali terutama vaksinasi ketiga (booster) sudah mendekati 70%, dan imunitas masyarakat Bali sudah mencapai 98%.

Dia menegaskan, perkembangan Covid-19 tersebut menunjukkan bahwa Bali sudah sangat nyaman, aman, dan kondusif untuk dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara. “Sehubungan dengan hal ini, saya memohon kepada pusat agar penetapan status endemi untuk Bali,” tandasnya. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *