Mendidik Anak Usia Dini, Langkah Penentu Kemajuan Generasi Bangsa

oleh -564 Dilihat
Direktur Rumah Sakit Puri Raharja, dr. Gede Bagus Dharmayasa, M. Repro

DENPASAR, POS BALI – Di tengah era digitalisasi yang ditandai dengan kemunculan teknologi informasi yang semakin berkembang pesat, maka perlu strategi khusus dalam menyiapkan generasi emas tahun 2045. Salah satunya mengawasi anak saat bermain smartphone.

Memang tak bisa dipungkiri, saat ini anak usia dini sangat fasih dengan perkembangan teknologi. Salah satunya piwai memainkan telepon pintar mereka. Sangat lincah, bahkan orang tua bisa kalah.

Di sini, peran orang tua dituntut untuk aktif menemani anak-anaknya saat bermain gawai. Karena berbagai informasi plus dan minus dengan mudah didapatkan dan disajikan dalam gengaman. Inilah alasan kenapa para orang tua harus mengawasi anaknya.

Jika dahulu pepatah menyebut ‘mulutmu harumau mu’, maka saat ini itu sudah tergantikan, yakni berganti dengan ‘jarimu harimau mu’. Salah membuat status maupun mengomentari postingan di media sosial, maka konsekuensi hukum sudah bisa dipastikan akan menanti.

Pengelola TK Cipta Darma, dr Bagus Dharmayasa saat menyerahkan ijazah kepada siswa TK yang telah menyelesaikan pendidikannya.

Menyikapi hal itu, Pengelola TK Cipta Darma,dr. Gede Bagus Dharmayasa, M. Repro., mengatakan, mendidik anak di usia dini merupakan hal yang sangat penting. Karena merupakan titik awal kemajuan anak di masa yang akan datang.

“Anak – anak ini kita ibaratkan sebuah sumber daya alam jika tidak diolah, dieksplorasi, tidak diasah maka dia tidak akan menjadi orang dan tugas ini diemban oleh bapak ibu pengajar taman kanak – kanak ini,” kata pria yang akrab disapa Dokter Bagus ini di Denpasar, Selasa (31/5).

Dikatakan, sebagai pengelola pihaknya selalu memberikan dorongan kepada para pengajar agar tetap sabar dalam mengahadapi berbagai sifat yang ada pada siswa yang mereka ajar. Karena, menurut dia perubahan zaman juga mempengaruhi pola – pola yang ada.

“Saya berharap bapak dan ibu yang mengajar, dapat selalu tabah, selalu kuat karena proses belajar mengajar sekarang kan sudah berbeda daripada dulu, anak – anak sekarang memang harus di sentuh dengan hati,” harap Dokter Bagus yang juga Direktur RS Puri Raharja ini.

Dokter Bagus menambahkan, peran guru sangat luar biasa dalam menyiapkan generasi penerus bangsa. “Para guru itu pahlawan tanpa tanda jasa dan tidak ada orang yang sukses di dunia ini tanpa peran dari seorang guru, itulah peran pentingnya pendidikan usia dini,” pungkasnya. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *