Dinas Koperasi Bali Gelar Pelatihan Kuliner Warga Sumberklampok

oleh -220 Dilihat
PELATIHAN kuliner kepada warga Sumberklampok.

DENPASAR, POS BALI – Perhatian Gubernur Bali, Wayan Koster terhadap masyarakat di Sumberklampok, Gerokgak, Buleleng ternyata tidak terhenti sampai dengan penyerahan sertifikat pada tahun 2021.

Gubernur asal Sembiran ini, melalui Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Bali melakukan pelatihan ketrampilan kuliner kepada warga di Buleleng Barat ini selama tiga hari 13-15 Juni 2022.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Wayan Ekadina mengatakan, peserta pelatihan sebanyak 34 orang. Terdiri dari Banjar Dinas Sumber Batok sebanyak 12 orang, dari Banjar Dinas Tegal Bunder sebanyak 11 orang, dan dari Banjar Dinas Sumberklampok sebanyak 11 orang.

“Pelatihan diberikan oleh para chef dari Bali Chef Community (BCC),” ungkapnya di Denpasar, Senin (20/6).

Menurutnya, selain praktek peserta juga diberikan teori tengang hygiene dan sanitasi dalam pengolahan makanan, standard operational procedure (SOP) yang berkaitan dengan pengolahan makanan, cara pengemasan dan penataan hasil produksi, cara memasarkan secara offline dan online, dan memberikan resep menu.

Terkait menu, lanjut dia, peserta diberikan pelatihan mengolah sebanya sebanyak 18 menu. Diantaranya ayam asap bumbu siobak, kripik kulit ayam, kripik usus ayam, nasi sela, Sayur Urap Talas, Sate plecing, sambel pedas, tape singkong, kue lapis, jajan cerorot, sumping waluh hingga jajan lukis.
“Pelatihan diberikan sesuai potensi desa,” lanjutnya.

Tak hanya itu, jelas Ekadina, 16 peserta juga difasilitasi untuk mendapat Nomor Induk Berusaha (NIB). “Sebenarnya kita mendapatkan berkas untuk mendaftarkan mendapatkan NIB sebanyak 18 hanya saja dua orang peserta tidak bisa karena namanya tidak sinkron, terdapat perbedaan nama antara KTP dengan KK,” imbuhnya.

Dengan pelatihan ini, pihaknya berharap warga mampu mendapatkan hasil tambahan melalui usaha kuliner, dalam upaya meningkatkan perekonomiannya.

“Kepada peserta, kami akan memberikan sertifikat pelatihan dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, NIB, serta dari BCC. Sertifikat akan diserahkan pada tanggal 21 Juni 2022,” pungkasnya.

President off Bali Cheft Community, Putu Ambara Putra pelatihan ini juga untuk menggali potensi kuliner yang ada di Desa Sumberklampok. Salah satunya kuliner ayam bakar yang juga disaksikan dengan sambel dan sayuran.

Sementara itu, Perbekel Desa Sumberklampok, I Wayan Suwitra Yasa mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Bali yang telah melakukan pelatihan kepada warganya melalui Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali. “Perhatian Bapak Gubernur tidak terhenti sampai dengan penyerahan sertifikat saja, akan tetapi juga melatih warga kami. Terima kasih Bapak Gubernur,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan beberapa peserta. Seperti peserta Komang Sudartini yang menyampaikan terima kasih kepada Gubenur Bali karena sudah memberikan pelatihan.

“Terima kasih Bapak Gubernur sudah berempati kepada kami,” seraya diamini lainnya, yakni Latifah, dan Ni Kadek Wilastrini. “Semoga dengan pelatihan ini warga desa kami menjadi lebih semangat, lebih maju, dan menjadi daya tarik tersendiri khususnya wisata kuliner,” harap Wilastrini. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *