Ambassador Talk: Pendidikan Mengantarkan Kesuksesan, Undiknas Hadirkan Duta Besar Turki

oleh -281 Dilihat
Duta Besar Turki untuk Indonesia Prof. Dr. Askin Asan saat Ambassador Talk di Kampus Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) di Denpasar, Selasa (5/7).

DENPASAR, POS BALI – Duta Besar Turki untuk Indonesia Prof. Dr. Askin Asan hadir dalam acara Ambassador Talk di Kampus Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) di Denpasar, Selasa (5/7).

Wakil Rektor IV Undiknas, Agus Fredy Maradona menyampaikan Undiknas memiki sejarah panjang, di mana kampus ini didirikan tahun 1995 silam.

Menurutnya, berbagai program telah dilakukan dalam mencetak dan mempersiapkan generasi bangsa yang tangguh. Salah satunya mengirim mahasiswa belajar ke luar negeri.

“Di masa pandemi, berbagai program tetap dijalankan. Namun dilakukan secara online,” ungkapnya.

Lanjutnya, Turki merupakan negara yang sangat ramah, terkenal dengan film drama, dan juga permadani yang indah.

Sementara itu, Askin Asan mengaku sangat senang bisa berada di Undiknas dan juga merupakan sebuah kehormatan. Dia mengungkapkan bahwa di Indonesia baru lima bulan.

Dalam kesempatan itu, dia juga menuturkan tempat kelahiran yang merupakan perkebunan teh hingga rekam jejaknya sejak kecil hingga menjadi duta besar. “Pendidikan akan mengantarkan kesuksesan. Hidup akan lebih mudah,” ujarnya.

Wakil Rektor II Undiknas AAA Ngurah Sri Rahayu Gorda menyampaikan, kehadiran Duta Besar ini sangat menginspirasi wanita Bali. Namun di Bali, sistem budaya begitu menikah harus mengikuti suami.

Kendati demikian, hal itu tidak menciutkan perempuan Bali. Pandai mengatur waktu agar bisa berkarya, dan juga mempertahankan budaya dan adat Bali

“Kami harap nantinya ada kolaborasi berupa riset perempuan Bali dengan Turki, di mana tetap berkarya tanpa meninggalkan esensi sebagai perempuan,” katanya.

Kepala Pusat Kajian Ekonomi dan Pariwisata Undiknas, Dr Ni Putu Nina Eka Lestari mengatakan, perempuan Bali tak hanya berperan di domestik yakni mengatur rumah tangga, tapi juga bergerak di ekonomi dalam membantu mencari nafkah tiang keluarga, dan juga berperan sosial adat budaya Bali. “Perempuan Bali merupakan perempuan tangguh,” ujarnya. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *