Perempuan Bali Perempuan Tangguh

oleh -226 Dilihat
Ketua DPD PPI Provinsi Bali, Dr. A.A.A. Ngr. Tini Rusmini Gorda, SH., MM., MH., (dua dari kiri) tampak berfoto dengan anggota PPI Bali

DENPASAR, POS BALI – Perempuan sebagai mercusuar dunia merupakan visi Perempuan Pemimpin Indonesia (PPI). Organisasi ini hadir agar perempuan dan anak tidak menjadi korban. Akan tetapi, teredukasi dengan baik.

Hal tersebut ditegaskan Ketua DPD PPI Provinsi Bali, Dr. A.A.A. Ngr. Tini Rusmini Gorda, SH., MM., MH., seusai menggelar Ambassador Talk dengan menghadirkan Duta Besar Turki untuk Indonesia Prof. Dr. Askin Asan, di Kampus Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) di Denpasar, Selasa (5/7).

Menurutnya, terdapat tiga komponen peran perempuan Bali. Yakni pertama dari sisi domestik sebagai ibu yang mengurus rumah tangga, kemudian dari sisi ekonomi yaitu membantu mencari nafkah keluarga, dan ketiga, tidak meninggal kodrat perempuan Bali dalam melestarikan sosial budaya.

“Perempuan Bali perempuan tangguh apabila mampu beradaptasi pada situasi saat ini. Baik itu adaptasi diera digitalisasi dengan mempercepat pola pikir agar tidak ketinggalan,” ungkapnya.

Tini Gorda juga menegaskan, perempuan Bali bisa bersanding dengan laki-laki ketiga mampu mensinergikan tiga komponen yang dimiliki perempuan Bali. Yakni mensinergikan sisi domestik, tidak mencederai urusan domestik ketika membantu ekonomi keluarga, tetap mengikuti keluarganya, serta melestarikan sosial budaya.

Terkait Ambassador Talk yang menghadirkan tokoh perempuan dari Turki, Tini Gorda menjelaskan bahwa akan melakukan kolaborasi riset antara perempuan Bali dengan perempuan turki.

“Pusat Studi Undiknas akan melakukan kolaborasi riset. Jadi apa yang kurang di Bali maupun di Turki, itu akan menjadi sebuah kekuatan,” pungkasnya. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *