Perempuan Bali Maju Digital, Tokopedia Wujudkan Pemerataan Ekonomi Digital

oleh -239 Dilihat
Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan saat memberikan keterangan kepada awak media di Bali.

MANGUPURA, POS BALI – Di era digitalisasi ini, kehadiran internet sangat membantu masyarakat, khususnya dalam memasarkan produk kerajinannya. Bahkan, internet ini juga membuka peluang usaha berbisnis. Salah satunya e-commerce dengan memanfaatkan platform Tokopedia.

Namun, di tengah kemajuan digitalisasi ini, belum semua masyarakat yang mampu memanfaatkan internet. Menyikapi hal itu, Tokopedia yang menjadi bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial—terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal demi mendukung para pegiat usaha lokal di seluruh wilayah Indonesia.

Salah satunya lewat Kelas Maju Digital guna mendorong kapasitas pelaku UMKM Indonesia lewat pemerataan pengetahuan berbisnis.

Kegiatan yang secara konsisten telah dilakukan di beberapa wilayah Indonesia sejak 2021, kini kembali dihadirkan di Bali untuk mengedukasi para pelaku usaha lokal. Menggandeng UMKM Perempuan Perintis (Uprintis) Indonesia, Tokopedia untuk pertama kalinya mengadakan Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD) di Bali yang diikuti oleh sekitar 100 UMKM Perempuan di wilayah Bali.

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan mengungkapkan, Tokopedia telah menjadi rumah bagi sekitar 12 juta penjual, di mana hampir 100%nya UMKM.

“Kelas Perempuan Maju Digital ini menjadi salah satu upaya kami untuk terus melakukan pendampingan bagi para pelaku UMKM perempuan agar dapat bersaing di era digital, mengingat UMKM berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB Indonesia,” tuturnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Wayan Ekadina mengaku yakin bahwa salah satu cara untuk menggerakkan kembali perekonomian di Bali yang terdampak pandemi dengan memaksimalkan potensi UMKM.

“Kami berharap lewat Kelas Perempuan Maju Digital yang diadakan Tokopedia ini, dapat semakin mengasah kemampuan para pelaku UMKM sekaligus meningkatkan kualitas produk sehingga siap bersaing di pasar nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Dikatakan, Kelas Perempuan Maju Digital yang dilakukan Tokopedia di Bali ini sejalan dengan program Uprintis dalam memberikan akses pendampingan bagi para UMKM perempuan.

Commissioner President Uprintis Indonesia, Novita Hardini berharap, para UMKM perempuan bisa meningkatkan kemampuan berbisnis secara digital, mulai dari promosi, memperluas jaringan bisnis, hingga mengelola keuangan dengan baik.

Kelas Perempuan Maju Digital di Bali ini membagikan kiat-kiat kepada pelaku UMKM perempuan bagaimana menciptakan bisnis yang mengutamakan pemberdayaan perempuan. Tujuannya agar pelaku UMKM Perempuan Bali semakin tangguh dan berdaya di era digital.

Inisiatif Hyperlocal yang digencarkan Tokopedia, seperti pendampingan bisnis Kelas Maju Digital, Sekolah Kiat Seller dan Keluarga Tokopedia juga menjadi perwujudan misi Tokopedia untuk mendorong pemerataan ekonomi secara digital.

“Kami berharap melalui berbagai inisiatif yang dihadirkan ini dapat memberi dampak positif bagi pelaku UMKM di berbagai daerah, termasuk Bali. Sehingga mempunyai kesempatan yang sama untuk bertumbuh, tak terkecuali pelaku UMKM perempuan di Indonesia,” pungkas Emmiryzan. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *