Tonggak Porserosi Bali ‘Unjuk Gigi’

oleh -314 Dilihat
Pengurus Perserosi Bali yang baru dilantik tampak berfoto bersama dengan Ketua Umum PB Porserosi, Kepala Disdikpora Bali, dan Ketua Umum KONI Bali.

DENPASAR, POS BALI – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Bali telah dilantik oleh Ketua Pengurus Besar Porserosi, Velix Vernando Wanggai di Gedung Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali di Renon, Denpasar, Minggu (24/7) kemarin. Porserosi Bali kini resmi dinakhodai I Wayan Suadi Putra hingga tahun 2026.

Tugas berat pun menanti Sang Ketua, Suadi Putra ini. Mengingat, pelantikan ini diharapkan menjadi tonggak kebangkitan Porserosi Bali untuk ‘unjuk gigi’. Baik itu mencetak atlet hingga meraih prestasi. Selain itu, pria asal Sidakarya, Denpasar ini, juga dituntut agar sesegera mungkin membentuk pengurus cabang di sembilan kabupaten/kota se-Bali.

Velix Vernando Wanggai mengungkapkan, Bali memiliki keunggulan berbeda dibandingkan daerah lain dari segi sarana dan prasarana. Yakni memiliki skatepark bertaraf internasional. “Bali juga memiliki keunggulan dari segi atlet. Terutama dari para atlet yang terdiri dari berbagai usia, dari SD hingga level professional. Keunggulan lainnya adalah nama besar Bali,” jelasnya.

Menurutnya, potensi yang dimiliki Bali ini, merupakan peluang besar Porserosi Bali untuk mengelola ini. “Kami dari PB memiliki keinginan untuk menggali potensi-potensi yang ada di Indonesia, sehingga menjadi daya tarik para atlet untuk datang dan berkompetisi. Seperti di Sumatera Barat dengan sunset-nya, kemudian di Jakarta dengan keunggulan inline skate-nya, dan Bali menjadi Hub atau house of skatepark di Indonesia,” harapnya.

Pihaknya mengaku bersyukur, karena olahraga sepatu roda dan juga skateboard ini menjadi cabang olahraga yang digemari generasi muda. Yakni sebagai olahraga new life style anak-anak muda di perkotaan.

“Olahraga ini juga banyak diminati wisatawan asing. Karena olahraga ini bagian dari dunia mereka. Dari catatan kami, wisatawan asal Australia, Eropa, hingga Asia mengunjungi Bali untuk mencoba skatepark. Jika kita melihat skatepark yang ada di Australia, skatepark yang ada di Bali ternyata tidak kalah. Jadi olahraga ini juga menjadi salah satu pendukung untuk mempercepat pembangunan dan pemulihan ekonomi Bali melalui sport tourism-nya,” bebernya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, IKN Boy Jayawibawa menyampaikan, di Bali cabang olahraga ini telah eksis, dan digemari generasi muda khususnya pecinta exstremes sport. “Dengan adanya pengurus ini, maka sekarang tonggaknya untuk bangkit, sehingga menjadi terarah,” jelasnya.

Boy juga mengungkapkan bahwa Porserosi ini juga dituntut untuk ikut mempromosikan Bali. Mengingat Bali sebagai destinasi wisata dunia, sangat terpuruk akibat mewabahnya Covid-19.

“Porserosi ini juga sangat berpotensi menjadi sport tourism sesuai arahan bapak Gubernur Wayan Koster. Apalagi kita ketahui, banyak skater dunia ingin mengikuti event yang akan diadakan di Bali. Jadi selain berkompetisi, mereka sekaligus berlibur. Nah potensi ini yang diharapkan mampu digarap Porserosi Bali,” harapnya.

Apresiasi pun terlontar dari Ketua Umum KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan. Menurutnya, Porserosi ini bukan pendatang baru. Karena kenyataannya, olahraga ini sudah eksis di tengah-tengah masyarakat. “Secara formal memang pendatang baru, tetapi secara de facto banyak komunitasnya. Bahkan atletnya sudah mampu meraih medali perak di Asean Games,” ungkap Oka Dharmawan.

Pihaknya juga mengapresiasi semangat yang dimiliki Porserosi Bali ini. Pihaknya berharap, pengurus cabor yang baru dilantik ini mampu meraih yang terbaik, khususnya menambah pundi-pundi prestasi untuk mengharumkan nama Bali, baik di kancah nasional maupun internasional. “Mudah-mudahan di Pra PON bisa lolos, sehingga di PON bisa mempersembahkan yang terbaik,” harapnya.

Sementara itu, Suadi Putra tak menampik bahwa tugas berat telah menanti dirinya dalam kepengurusan Porserosi ini. “SSB, sangat-sangat berat,” ujar Suadi Putra berkelakar sambil melepas tawa, saat ditemui seusai dilantik menjadi Ketua Umum Pengprov Porserosi Bali.

Kendati demikian, pihaknya optimis mampu melawati tugas ini. Mengingat, semangat rekan-rekannya yang duduk sebagai jajaran pengurus memiliki spirit yang sama. Yakni mengembangkan olahraga ekstrem ini menjadi sesuatu yang berharga dan membanggakan bagi Bali.

“Astungkara yang kami apresiasi adalah dukungan Ibu Gubernur Bali, Ny Putri Suastini Koster. Tadi sempat dengan dari arahan Bapak Ketua Umum, mungkin nanti ide saya adalah ada Piala Ibu Gubernur. Karena pengurus kami sudah menyampaikan dengan intens kepada Ibu Gubernur terkait potensi yang masih ‘tertidur’ ini,” tuturnya.

Suadi juga menyinggung terkait sport tourism. Kata dia, hal itu menjadi tujuan jangka panjang Porserosi Bali dalam upaya mendatangkan wisatawan ke Bali pascapandemi ini. “Bali ini menjadi tujuan ketiga para skater dunia. Jadi sekarang ke Bali bukan hanya nenteng papan surfing saja, tetapi sekarang sudah bawa skateboard, longboard, hingga sepatu roda,” tandasnya. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *