Royal Navy Bakal Sandar di Pelabuhan Benoa

oleh -210 Dilihat
Atase Pertahanan Inggris tampak berbincang dengan Puteri Koster. 

Kembangkitan Bali Pascaketerpurukan Akibat Pandemi

DENPASAR, POS BALI – Kembangkitan Bali pascaketerpurukan akibat pandemi Covid-19 sudah mulai dirasakan, seiring dengan pelonggaran kebijakan untuk membangkitkan kembali kunjungan wisatawan ke pulau berjuluk The Last Paradise in The World ini. Seperti halnya terekam di Taman Budaya Bali di Denpasar pada Kamis (18/8) sore.

Atase Pertahanan Inggris Kolonel Paul Reynods mengunjungi Bali untuk rencana pertemuan bidang keamanan yang dilaksanakan pada September 2022. Tim atase pertahanan Inggris akan mengunjungi Bali dengan menggunakan kapal Royal Navy yang menjadi angkatan laut terkuat dan terbesar di dunia. Kapal Angkatan Laut Kerajaan Britania Raya itu akan sandar, berlabuh di Pelabuhan Benoa.

Kunjungan awal Kolonel Paul Reynods diterima oleh Kasatpol PP Provinsi Bali I Dewa Nyoman Rai Dharmadi, mewakili Gubernur Bali Wayan Koster. Paul Reynods menjelaskan, ada dua agenda yang akan digelar di Bali akhir tahun 2022 dan awal tahun 2023 mendatang. Tahun 2023, atase pertahanan Inggris memfasilitasi simposium keamanan se-Asia Tenggara.

Menurutnya, 4 negara akan hadir dalam event simposium yakni, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, dan Indonesia. Kegiatan akan dihadiri 60 delegasi dari negara yang diundang. “Kedatangan kami untuk memberitahukan agenda yang akan kami lakukan di Bali, kami sangat mengapresiasi kondisi Bali yang kondusif dalam penanganan pandemi Covid-19,” kata Paul Reynods.

Saat mengunjungi Bali, Kolonel Paul Reynods melihat bahwa Bali memiliki kecakapan dalam menangani Covid-19. Selama ini ia telah berkunjung Bali sebanyak lima kali. Menurutnya, Bali telah berada pada akhir dari pandemi.

Indikasi itu juga terlihat dari semakin banyaknya wisatawan asing yang berkunjung ke Pulau Dewata. “Event yang akan kami adakan di Bali juga menjadi salah satu cara untuk menunjukkan bahwa Bali sudah aman dan wisatawan bisa berkunjung ke Bali lagi,” jelasnya.

Dewa Dharmadi (kiri) bersama Atase Pertahanan Inggris saat bertukar cinderamata

Sementara itu, Dewa Dharmadi mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait event tersebut. Atase pertahanan Inggris sendiri meminta untuk disiapkan showcase display arak Bali ketika Royal Navy sandar di Pelabuhan Benoa.

“Nanti akan kita penuhi keinginan mereka. Bahkan mungkin bisa kita adakan penyambutan di dalam kapal untuk branding arak Bali yang selalu dipromosikan Gubernur kepada konjen dan dubes negara asing,” kata Dewa Dharmadi.

Dalam kunjungan itu, Kasatpol PP mengajak Kolonel Paul Reynods mengunjungi pameran IKM Bali Bangkit. Bahkan menyempatkan diri untuk toast arak Bali hingga dua kali bersama Dewa Dharmadi. Kolonel Paul Reynods juga mendapatkan cinderamata berupa udeng berbahan kain tenun endek. “Ketika nanti bertemu Pak Gubernur silakan dikenakan udeng ini,” kata Rai Dharmadi.

Di sela-sela kunjungan itu, Tampak Ketua Dekranasda, Putri Suastini Koster menyapa Kolonel Paul. “Kami disini melakukan edukasi, sebelum wisatawan belanja ke mana-mana. Pameran ini diadakan terus menerus sepanjang tahun,” jelas Putri Koster seraya mempersilahkan Kolonel Paul ini melihat-lihat pameran ditemani Kasatpol PP.  alt

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *