Budaya Melayangan Jadi Gaya Hidup Masyarakat Bali

oleh -211 Dilihat
Gubernur Koster Serahkan Piala Gubernur Bali ke Pemenang Grand Champions Festival Layangan Bali

DENPASAR, POS BALI – Gubernur Bali, Wayan Koster menyerahkan Piala Gubernur Bali kepada I Ketut Widia dari Drangdang Team, Tanjung Benoa, Badung sebagai Pemenang Grand Champions Festival Layangan Bali Tahun 2022. Penyerahan piala tersebut berlangsung di Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Renon, Denpasar, Kamis (24/8).

Koster menyampaikan selamat kepada peraih juara lomba di Festival Layangan Bali Tahun 2022 tersebut. “Bagi yang tidak beruntung dapat juara, mudah – mudahan tahun depan dapat juara,” ujarnya. Dalam kesempatan itu, Koster juga menyatakan kegembiraannya atas dilaksanakannya festival yang bertema ‘Kerthining Gesing’ atau Menjaga Keseimbangan Bambu.

“Festival Layangan Bali merupakan bagian dari karya seni budaya Bali yang sampai saat ini keberadaannya masih dilestarikan berkat kreativitas dan inovasi seni para generasi muda, sehingga kita patut bersyukur dan bangga, karena hanya di Bali ada semangat bermain layang – layangan secara serius, dan inilah yang menjadikan Pulau Dewata sebagai salah satu pulau yang memiliki kekhasan dan keunikan budaya, karena budaya melayangan dijadikan gaya hidup masyarakat Bali yang sangat terpelihara lestari sepanjang zaman,” bebernya.

Koster juga berkomitmen dan menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan festival layangan agar terselenggara secara berkelanjutan sebagai bagian dari pelestarian seni budaya melalui kreativitas seni anak muda Bali dalam melayangan.

“Saya sudah menyiapkan fasilitas bermain layang – layangan untuk para pemuda Bali di Kawasan Pusat Kebudayaan Bali dengan lahan seluas 2 hektar, sehingga event Festival Layangan Bali ini bisa tampil lebih profesional,” ungkapnya.

Adapun juara dalam lomba ini, yakni peraih Piala Gubernur Bali, I Ketut Widia dari Drangdang Team, Tanjung Benoa, Badung. Widia menyatakan dukungannya terhadap Koster, karena sangat luar biasa di dalam memfasilitasi kreativitas anak muda di Bali untuk melayangan. “Meskipun dalam kondisi sibuk, Bapak Gubernur Bali menyempatkan diri hadir menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba,” ujar Ketut Widia.

Dia berharap kendepan lokasi festival berlangsung di Kawasan Pusat Kebudayaan Bali. “Bapak Gubernur Bali sudah memikirkan kreativitas seni budaya anak muda. Kami berdoa mudah – mudahan ke depannya Pemerintah Provinsi Bali bisa mempromosikan Festival Layangan Bali ini ke mancanegara sebagai wadah untuk menarik wisatawan mancanegara ke Pulau Dewata, serta berharap Bapak Wayan Koster bisa terus melanjutkan kepemimpinannya di Pemerintah Provinsi Bali sebagai Gubernur Bali,” harapnya.

Selain menyerahkan Piala Gubernur Bali, Wayan Koster juga menyerahkan hadiah kepada Juara Favorit Lomba Layangan, Juara Lomba Layangan Bebean Remaja, Juara Lomba Layangan Pecukan Remaja, Juara Lomba Layangan Janggan Buntut Remaja, Juara Lomba Layangan Janggan Remaja, Juara Lomba Layangan Kreasi, Juara Lomba Layangan Bebean Dewasa, Juara Lomba Layangan Pecukan Dewasa, Juara Lomba Layangan Janggan Buntut Dewasa, Juara Lomba Layangan Janggan Dewasa, Juara Lomba Layangan Bebean Big Size, Juara Lomba Layangan Janggan Buntut Big Size, dan menyerahkan hadiah kepada Juara Lomba Foto, Lomba Video, serta Lomba Pindekan. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *