, ,

Hari Jadi ke 77 PMI, Relawan Kemanusian Se-Bali Berkumpul

oleh -191 Dilihat
Alit Putra saat menyampaikan terima kasih kepada para donatur yang membantu rehabilitasi gedung PMI Bali.

DENPASAR, POS BALI – Suasana berbeda tampak di Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali, Jalan Trengguli I, Tembau – Penatih, Denpasar Timur, Sabtu (17/9) pagi.

Puluhan relawan kemanusian dari sembilan kabupaten/kota se-Bali berkumpul. Tak hanya itu, juga tampak donatur, serta instansi pemerintah lainnya.

Ya, pagi ini PMI Bali memperingati hari jadi ke 77. Tak hanya apel, juga dilakukan penandatanganan kerjasama (MoU) antara PMI Bali dengan Polda Bali, LLDIKTI, Perempuan Tangguh Bencana, dan Gannas Bali.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan penghargaan bagi pendonor darah sukarela sebanyak 75 kali, serta penyerahan simbolis penghargaan untuk para donatur.

Ketua Pengurus PMI Bali, IGB Alit Putra yang membacakan sambutan Ketua Umum PMI Pusat, Jusuf Kalla mengatakan, PMI menerima bantuan dari berbagai masyarakat baik perusahaan lembaga atau instansi maupun perorangan.

Selanjutnya, kata dia, seluruh sumber daya atau bantuan yang diperoleh disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan baik di dalam maupun di luar negeri.

Penyaluran ini, lanjutnya, berpegang pada prinsip-prinsip dasar gerakan internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yaitu kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, serta kesemestaan.

Dalam kesempatan itu, Alit Putra juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Gubernur Bali Wayan Koster atas hak guna pakai gedung eks KNPI Bali untuk dijadikan gedung PMI Bali. “Luasnya kurang lebih 34 are,” ungkapnya.

Dikatakan, di lahan ini bakal dibangun Pusat Pendidikan PMI, gedung klinik, perbaikan wantilan, hingga rencana bantuan gedung dari Palang Merah New Zealand. “Di tempat lama krodit dan sempit,” ujarnya.

Alit Putra menambahkan, di Kantor PMI yang baru ini juga bakal dirancang dengan fasilitas tempat unit donor darah. Mengingat, PMI Bali saat ini meminjam tempat unit donor di RS Sanglah. “PMI modalnya kebersamaan dalam rangka tugas kemanusian,” pungkasnya.

Seusai foto bersama, peringatan hari jadi dihibur dengan joged bumbung yang merupakan tari pergaulan. Dua petugas unit donor darah menjelma menjadi penari joged bumbung. Hari jadi juga diisi dengan donor, pemeriksaan kesehatan, gratis, dan juga gathering. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *