Jalak Bali, Koster Luncurkan Logo dan Maskot Porprov Bali XV/2022

oleh -209 Dilihat
Gubernur Koster tampak foto bersama seusai meluncurkan Logo dan Maskot Porprov Bali XV/2022

DENPASAR, POS BALI – Bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober dan juga Rahina Tumpek Wayang, Sabtu (1/10), Gubernur Bali Wayan Koster meluncurkan Logo dan Maskot Porprov Bali XV/2022 di Sekretariat KONI Bali di Denpasar.

Dalam peluncuran yang juga disiarkan secara langsung melalui akun Instagram porprovbalixv2022 itu, Wayan Koster tampak mengenakan pakaian adat Bali. Bersafari putih dengan udeng dan saput songket berwarna merah, kamben merah, dan sandal selop berwarna hitam.

Seusai lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang, dilanjutkan dengan Mars Olahraga yang diikuti seluruh insan olahraga yang hadir dalam momen bersejarah itu. Tampak hadir Binda Bali, Bupati Gianyar, Ketua KONI se-Bali, dan juga para atlet.

Peluncuran dilakukan dengan penekanan tombol oleh Gubernur Bali didampingi Ketua KONI, Kapolda Bali, dan undangan lainnya. Mascot dalam Porprov ini yakni Jalak Bali/Curik yang merupakan burung ikon Bali.

“Salam Olahraga! Jaya!” Porprov Bali? Sukses Luar Biasa! yel-yel dari Ketua Umum KONI Bali yang juga Ketua Panitia Porprov Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan ini bergema di GOR Lila Bhuana tempat peluncuran tersebut.

Oka Darmawan menyampaikan bahwa persiapan dalam perhelatan Porprov ini sudah dilaksanakan. Dan peluncuran ini menjadi salah satu tahapan perhelatan akbar olahraga di Pulau Bali ini.

“Porpvo Bali akan dilaksanakan dan dibuka 20 – 27 November 2022. Namun sebelumnya, sudah ada beberapa cabor yang bertanding. Karena memerlukan waktu yang cukup panjang,” ungkap Oka Darmawan.

Dikatakan, Porprov ini dilaksanakan dengan sistem gotong-royong. Yakni dilaksanakan di kabupaten/kota, dan dikoordinasikan Pemerintah Provinsi Bali melalui KONI Bali.

Disebutkan, ajang ini diikuti 41 cabor dengan 50 kecabangan, 550 nomor yang dipertandingkan dengan jumlah atlet mencapai 4.300 orang. “Kota Denpasar paling banyak mengirimkan atlet dan disusul Kabupaten Badung,” sebutnya.

Oka Darmawan juga menyampaikan, seharusnya Porprov dilaksanakan pada tahun 2021. Namun karena adanya situasi dan kondisi pandemi Covid-19, dan juga berkat arahan Gubernur Bali, maka Porprov dilaksanakan tahun 2022.

Dia menambahkan, tahapan dalam Porprov ini juga melibatkan masyarakat. Pada tanggal 18 November akan dilaksanakan kirab Api Porprov dari Pura Besakih. Kemudian menuju Karangasem, Klungkung, Gianyar, Bangli, dan Singaraja.

“Menginap satu hari di Singaraja pada tanggal 18 November malam. Besoknya lanjut menuju Jembrana, Tabanan, Badung, dan Denpasar. Api Porprov juga akan disemayamkan di Jayasabha,” bebernya.

Pihaknya berharap, Porprov Bali sukses penyelenggaraan, dan sukses prestasi.  “Para Ketua KONI Kabupaten/Kota juga partisipasinya sudah baik sekali,” pungkasnya.

Untuk diketahui, KONI Bali melakukan peluncuran di GOR Lila Bhuana ini dengan pertimbangan bahwa lokasi ini adalah aset pemerintah yang kerap dipergunakan sebagai tempat berbagai kegiatan.

Bahkan hampir tak pernah tutup hingga malam. Selain itu, letaknya sangat strategis di tengah-tengah Kota Denpasar, dan juga menjadi aset pencetak atlet juara nasional hingga internasional. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *