Sukseskan G20, Satpol PP Se-Bali Rapatkan Barisan

oleh -234 Dilihat
Sukseskan G20, Satpol PP Se-Bali Rapatkan Barisan

DENPASAR, POS BALI – Menindaklanjuti hasil rapat dan arahan Gubernur Bali Wayan Koster di Jayasabha belum lama ini, Satpol PP seluruh Bali merapatkan ‘barisan’ untuk menyukseskan presidency G20.

Satpol PP Provinsi Bali mengadakan rapat koordinasi dengan mengundang seluruh Satpol PP Kabupaten/Kota se Bali. Rapat itu berlangsung di Kantor Satpol PP Bali di Renon Denpasar, Rabu (19/10).

Rapat koordinasi ini, untuk menciptakan dan menyajikan lingkungan yang bersih dan asri sebagai upaya dalam menjaga citra Bali di mata delegasi dunia.

Dalam rapat itu, terungkap bahawa Satpol PP se-Bali bakal mengintensifkan dalam menertibkan baliho maupun spanduk ilegal hingga yang kadaluarsa khususnya di objek wisata maupun jalur yang akan dilintasi para delegasi.

Selain itu pengamen, gepeng, hingga ODGJ juga ditertibkan dan tidak boleh tidak ada yang berkeliaran di jalan. Mengingat gepeng dan pengamen tak hanya di perempatan jalan, akan tetapi kerap terlihat di objek-objek wisata.

Berikutnya, mendata penduduk pendatang hingga mencatat penjaminnya. Kantong-kantong penduduk pendatang dilakukan pendataan. Bahkan, jika ada pemandangan yang tidak elok akan segera dibersihkan. Termasuk pedagang kaki lima juga harus bersih di sepanjang jalur yang akan dilewati delegasi.

Potensi gangguan keamanan lainnya juga diharapkan diintensifkan. Tempat-tempat hiburan juga dipantau. Berikutnya atensi terhadap kegiatan upacara agama, hingga pengawasan timbulan sampah plastik juga dibahas dalam rapat koordinasi ini.

Kasatpol PP Provinsi Bali, Dewa Nyoman Rai Dharmadi mengatakan, rapat koordinasi ini juga menyinggung terkait pengawasan pemasangan 2.500 penjor untuk menyambut delegasi, dan juga larangan menaikkan layang-layang.

Pihaknya juga mengajak untuk merespon cepat terhadap laporan masyarakat. “Kami akan menggerakkan tim dan mencanangkan kegiatan oprasi Bali Trepti dengan jargon Garda Terdepan Jaga Praja Wibawa untuk mengawasi, dan mencegah terjadinya potensi gangguan,” tegasnya.

Tak hanya itu, Dewa Dharmadi juga meminta menertibkan iklan rokok baik dalam bentuk billboard, hingga spanduk di ruang terbuka, khususnya jalur menuju venue. “Kami berupaya meminimalisir sekecil apapun gangguan yang ada,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasatpol PP Bangli, Dewa Agung Putra Suryadarma mendaku telah melakukan kegiatan rutin untuk menciptakan ketertiban umum. Kata dia, beberapa objek wisata yang ada di Bangli juga bakal dikunjungi delegasi.

“Kami sudah ada Satgas G20. Dan belum lama ini, beberapa delegasi juga sudah ada yang berkunjung ke Penglipuran, dan Kintamani,” ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan Kasatpol PP Gianyar I Made Watha. Kata dia, beberapa objek yang ada di Bumi Seni juga bakal dikunjungi delegasi G20. “Beberapa persiapan sudah kami lakukan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban,” singkatnya. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *