Semerbak Wangi Dupa di Pura Penataran Besakih

oleh -184 Dilihat
Gladi bersih Kirab Api Porprov di perbatasan Bangli - Buleleng di Desa Tajun.

Dari Matur Piuning hingga Gladi Jelang Kirab Api Porprov Bali XV/2022

KARANGASEM, POS BALI – Semerbak wangi tercium dari asap dupa yang tertancap di banten pejati. Wangi itu terasa memenuhi areal Pura Penataran Besakih, Minggu (13/11) pagi. Sesaat kemudian, lantunan mantra diiringi suara dentingan genta dari pemangku terdengar memecah keheningan pagi yang cerah ini.

“Lukat dumun nggih (melakukan pembersihan, red),” ujar seorang pemangku istri seraya memercikkan tirta, sebelum persembahyangan dimulai.

Nah, jelang kirab api Porprov Bali XV/2022 yang direncanakan berlangsung pada Jumat, 18 November 2022, Panitia Pelaksana Porprov Bali melakukan matur piuning di pura ini.

Karena untuk memantapkan kirab itu, panitia melakukan peninjauan dan gladi yang diawali matur piuning di Pura Besakih ini.

Seusai persembahyangan itu, rombongan yang berjumlah 21 orang dan didampingi Ketua Umum KONI Karangasem, Putu Toya, dan Sekum KONI Gianyar, Wayan Latra ini turun dan kembali matur piuning di Pura Basukian Puseh Jagat.

Dari informasi di pura ini, dikatakan Pura Basukian Puseh Jagat merupakan pura tertua, dan cikal bakal berdirinya pura yang ada di kawasan Besakih ini.

Setelah muspa ngaturang suksma (terima kasih, red), dan menyerahkan dana punia, rombongan menuju Balai Sasana Budaya untuk menggelar koordinasi yang melibatkan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Provinsi Bali.

Koordinasi dengan Protokol Pemprov Bali pun dilakukan di tempat ini. Terungkap prosesi Kirab Api Porprov ini bakal mengenakan pakaian adat Bali, dan dihadiri bupati/wali kota, Ketua KONI se-Bali, Muspida, serta tamu lainnya.

Gubernur Bali Wayan Koster direncanakan bakal melakukan penyulutan api di Pura Tegal Suci Pagenian, lanjut menyerahkan ke Bupati Karangasem di Balai Sasana Budaya ini untuk selanjutnya melakukan perjalanan, kirab keliling Bali.

Nah setelah itu, peninjauan dilanjutkan di Pura Tegal Suci Pagenian. Tiba pukul 11.25 WITA, rombongan disambut gerimis hujan. Dari penuturan Jro Mangku, permohonan api suci bakal mulai dinyalakan Senin (14/11). “Nyejer nike,” tuturnya.

Pengecekan dan koordinasi kemudian berlanjut di perbatasan antara Bangli dengan Buleleng, tepatnya di Desa Pakraman Tajun. Di sini, digelar gladi bersih penyerahan api Porprov.

Di perbatasan ini, kedatangan kirab api Porprov bakal dijemput untuk disemayamkan semalam di Kantor Bupati Buleleng.

Ketua Bidang Acara Porprov Bali, I Gusti Agung Ngurah Susrama Putra menyampaikan, peninjauan dan gladi bersih ini untuk memastikan kelancaran kirab api Porprov ini.

“Kami harap Kirab Api Porprov ini berjalan lancar meriah, sehingga masyarakat ikut merasakan dan mendukung gaung event pekan olahraga akbar di Bali ini,” harapnya.

Dia menambahkan, masyarakat Bali sudah lama tidak menikmati Porprov akibat mewabahnya Covid-19. Untuk itu, adanya kirab api Porprov ini untuk membuat semarak pekan olahraga yang digelar dua tahun sekali ini.

“Kami dari itu panitia berusaha menyemarakkan Porprov ini dengan melakukan kirab, sehingga diharapkan masyarakat semangat lagi menikmati, mengikuti dan menekuni olahraga di Bali pada khususnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kirab direncanakan mulai dari Karangasem menuju Klungkung, Gianyar, Bangli, dan tiba di Buleleng pada sore hari. Api Porprov bakal bermalam di Bumi Panji Sakti.

Keesokan pagi hari Sabtu (19/11), kirab dilanjutkan menuju Kabupaten Jembrana, kemudian menuju Tabanan, lanjut ke Badung, dan Kota Denpasar.

Api Porprov direncanakan disemayamkan di Jayasabha Rumah Jabatan Gubernur Bali di Denpasar. Dan keesokkan hari, Minggu (20/11), bakal dilakukan penyulutan Api Porprov sekaligus pembukaan di Lapangan Puputan Margarana Renon Denpasar. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *