Dentingan Genta di Prosesi Penyulutan Api Suci Porprov Bali XV/2022

oleh -190 Dilihat
Propesi penyulutan Api Suci Porprov XV Bali

KARANGASEM, POS BALI – Api tampak telah menyala di Tungku Agni, Pura Tegal Suci Pagenian, Besakih, Karangasem, Jumat (18/11) pagi.

Sesaat kemudian, suara dentingan genta terdengar mengiringi mantra yang dilantunkan Ida Shri Bhagawan Putra Natha Nawa Wangsa Pemayun, memecah keheningan pagi di pura ini.

Nah, upakara secara adat agama Hindu Bali itu merupakan prosesi penyulutan Api suci Porprov XV tahun 2022 di pura ini.

Prosesi penyulutan itu dilakukan Ida Bhagawan ke obor yang dibawa Ketua Panitia Pelaksana Porprov Bali yang juga Ketua KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan, didampingi Sekum Nyoman Yamadhiputra. Obor itu kemudian disembahyangi bersama.

“Api itu melambangkan energi, sebagai sumber kekuatan dalam melakukan sebuah aktivitas,” bisik Oka Darmawan.

Seusai persembahyangan bersama itu, Api Suci Porprov kemudian diserahkan ke Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Bali, untuk selanjutnya menuju Mandapa Kesari Warmadewa, Balai Sasana Budaya di areal Pura Besakih, mengikuti prosesi pelepasan Kirab Api Suci Porprov keliling Bali.

Ida Bhagawan pun menyampaikan doa restu terhadap perhelatan Porprov yang akan dibuka pada tanggal 20 November dan ditutup pada 27 November 2022. “Dumogi labda karya, polih bibit unggul untuk PON,” ujarnya. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *