Satpol PP Sleman Belajar ke Satpol PP Bali

oleh -260 Dilihat
Kasatpol PP Dewa Dharmadi (tengah) saat bertukar cinderamata dengan Kasatpol PP Sleman

DENPASAR, POS BALI – Standar pelayanan masyarakat yang diterapkan Satpol PP Provinsi Bali rupanya menarik minat Satpol PP daerah lain, untuk mengadopsi inovasi dan kreativitas kinerja satuan penegak perda dan perkada di Pulau Dewata ini.

Salah satunya, Satpol PP Pemerintah Kabupaten Sleman yang secara khusus mengunjungi Satpol PP Bali. Rombongan yang dipimpin langsung Kasatpol PP Sleman, Shavitri Nurmala Dewi ini melakukan studi tiru.

Shavitri Nurmala Dewi menyampaikan, belajar ke Bali ini untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang tugas dan fungsi (tupoksi) Satpol PP Bali.

Pihaknya ingin mengetahui dan menanyakan langsung tentang upaya sinergi antara Satpol PP dengan aparat keamanan seperti TNI, Polri, maupun aparat keamanan sipil.

“Kami lihat selama ini telah terjalin dengan baik di Satpol PP Bali,” ungkapnya saat bertemu dengan Kasatpol PP Provinsi Bali, Dewa Nyoman Rai Dharmadi, Selasa (22/11).

Menyikapi hal itu, Dewa Dharmadi mengungkapkan secara gamblang terkait berbagai upaya untuk bersinergi dengan para aparat tersebut.

Termasuk juga, lanjut dia, melakukan pendekatan dengan kearifan lokal, khususnya untuk aparat keamanan adat, yakni pecalang.

Dikatakan, pelibatan dengan pendekatan kearifan lokal merupakan arahan dari Gubernur Bali Wayan Koster untuk bekerja tulus, lurus, dan fokus, sesuai dengan visi ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’ menuju Bali Era Baru.

“Pelibatan masyarakat dalam upaya menciptakan keamanan dan ketertiban umum itu sangat penting. Kami tidak bisa bekerja sendiri mengingat jumlah personel yang sangat terbatas, sedangkan tugas penegakan perda dan perkada itu di seluruh Bali,” ungkapnya.

Birokrat asal Nusa Penida, Klungkung ini juga membeberkan sinergi dengan berbagai awak media, baik cetak maupun elektronik dalam sosialisasi, edukasi, dan informasi kepada masyarakat.

“Terus terang, kami sangat terbantu dengan pemberitaan-pemberitaan kami di berbagai media, sehingga program-program yang kami lakukan, khususnya terkait menciptakan trantibum saat G20 kemarin dengan cepat tersampaikan ke khalayak,” pungkasnya.

Dalam kunjungan itu, juga diisi dengan pertukaran cinderamata, dan ditutup dengan foto bersama. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *