Capaian Pembangunan Bali Era Baru

oleh -161 Dilihat
Gubernur Bali Wayan Koster

BANDUNG, POS BALI – Gubernur Bali, Wayan Koster membeberkan pencapaian pembangunan infrastruktur dan sarana-prasarana strategis yang fundamental dan monumental, sesuai dengan visi pembangunan Daerah Bali, ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’, melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

Hal itu dikatakan Koster saat menjadi pembicara utama dalam Studium Generale Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan topik ‘Kontribusi Sains (Matematika), dan Pengaruhnya pada Cara Pandang Kebijakan Publik di Era 4.0’, di Aula Barat ITB, Bandung, Rabu (30/11).

Menurutnya, infrastruktur dan sarana-prasarana strategis di Bali Era Baru ini meliputi: pembangunan pelindungan Kawasan Suci Pura Agung Besakih di Karangasem; pembangunan Kawasan Pusat Kebudayaan Bali; pembangunan Shortcut Singaraja-Mengwitani; Jalan Tol Jagat Kerthi Bali; pembangunan Pelabuhan Sanur di Denpasar, Pelabuhan Sampalan Nusa Penida, dan Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan.

“Kemudian pembangunan Bali Maritime Tourism Hub Denpasar; pembangunan Bendungan Sidan di Badung; pembangunan Bendungan Tamblang di Buleleng; dan pembangunan Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali di Buleleng,” bebernya.

Koster juga mengungkap terkait kebijakan dan program di era 4.0 untuk mewujudkan Bali Smart Island. Kata dia, hal ini juga dilakukan dan merupakan visi pengembangan pulau Bali untuk mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi serta Internet of Things (IOT), dalam pengelolaan daerah dan aktivitas masyarakat.

Koster menyebutkan, upaya itu dilakukan dengan peningkatan literasi digital dan kompetensi SDM; peningkatan kualitas infrastruktur digital dengan menyediakan WiFi gratis di semua desa adat, Puskesmas, destinasi wisata, dan SMA/SMK.

Pihaknya juga melakukan penguatan praktik digital pada dunia usaha dan pelayanan publik dengan menerapkan SPBE Provinsi Bali, terbaik di Indonesia, pengembangan Portal 1 Pintu Pariwisata Bali, Satu Data Indonesia Provinsi Bali, serta Aplikasi Love Bali, dan lain-lain. “Saya juga telah menggelar Destinasi Startup Global & Ekonomi Kreatif Digital dengan menyelenggarakan Bali Digifest bertajuk ‘Enabling Bali as Digital Creative Paradise’ dan Fab Island pertama di dunia,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor Institut Teknologi Bandung, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Gubernur Bali yang telah hadir memberikan pengetahuan kepada mahasiswa ITB.

“Bapak Gubernur Bali ini adalah alumni ITB yang memiliki background matematika dan sekarang menjadi kebanggaan kita bersama, karena sangat sukses memimpin Provinsi Bali. Bahkan berhasil menyelenggarakan Presidensi G20 di Bali. Ini tugas tidak mudah, tapi Bapak Gubernur Bali sukses menjalankannya, kami dari ITB memberikan ucapan terimakasih kepada Bapak Wayan Koster yang telah membawa wajah reputasi Indonesia di mata dunia. Semoga melalui acara ini, adik – adik mahasiswa ITB dapat meningkatkan kebermanfaatannya untuk bisa berkarya semaksimal mungkin kepada bangsa Indonesia,” pungkasnya. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *