Strategi BKKBN Bali Atasi Stunting

oleh -178 Dilihat
Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali Sukardiasih saat menyerahkan bantuan ke keluarga stunting. foto/dok
Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali Sukardiasih saat menyerahkan bantuan ke keluarga stunting. 

MANGUPURA, POS BALI – Kasus stunting di Bali banyak ditemukan di Kabupaten Karangasem, Bangli, Klungkung, dan Jembrana.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bali, Ni Luh Gede Sukardiasih di sela-sela kegiatan Evaluasi Audit Kasus Stunting Tahun 2022, di Hotel Fairfield by Marriott Bali Kuta, Sunset Road, Badung, Kamis (1/12).

Untuk menangani itu, lanjut dia, BKKBN Provinsi Bali bersinergi dengan berbagai pihak telah membentuk Tim Pakar yang terdiri dari ahli gizi, dokter anak, dokter kandungan, hingga psikolog.

Dia mengungkapkan, BKKBN Bali bekerjasama dengan dinas terkait di kabupaten/kota telah melakukan beberapa intervensi untuk mengatasi permasalahan stunting. Misalnya, memberi bantuan susu, sembako, sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh tim pakar.

“Intervensi lainnya yaitu dengan membentuk Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS), melaksanakan Program DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting) di desa lokus audit kasus stunting. Kabupaten/kota juga telah melakukan koordinasi dengan lintas sektor untuk bersama sama melaksanakan rencana tindak lanjut yang telah disusun,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, sosialisasi pencegahan dan penanganan stunting merupakan salah satu tantangan yang harus diselesaikan di masa mendatang. Kata dia, semua pihak harus terlibat dalam mewujudkan generasi masa depan bangsa yang berkualitas.

Sebagai leading sector penanganan stunting di Indonesia, pihaknya mengajak seluruh pihak mulai dari lembaga pemerintah, swasta, LSM, hingga media massa terlibat dalam penurunan angka stunting.

Sementara itu, terkait audit kasus stunting ini, kata dia dilakukan melalui empat kegiatan. Yakni pembentukan tim audit, pelaksanaan audit kasus stunting dan manajemen pendampingan keluarga, diseminasi, dan tindak lanjut.

“Audit kasus stunting merupakan salah satu strategi untuk mengatasi permasalahan stunting. Jadi kita mencari kasus-kasus yang susah dipecahkan, kita kupas tuntas, sehingga kalau sudah tahu akar masalah intervensinya lebih tepat,” pungkasnya.  alt

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *