Tos Arak Bali di Paris

oleh -156 Dilihat
Gubernur Koster tampak melakukan tos arak dengan para delegasi dalam acara Cocktail Party Groundwater Summit 2022 di markas besar UNESCO di Paris.

PARIS, POS BALI – Gubernur Bali Wayan Koster memperkenalkan arak Bali pada acara Cocktail Party Groundwater Summit 2022 di markas besar UNESCO di Paris, Rabu (7/12). Gubernur Koster tos arak Bali. Tak hanya itu, juga disajikan kudapan khas Bali lainnya.

Dari siaran pers yang diterima Redaksi POS BALI, Minggu (11/12), disebutkan para delegasi dari sejumlah negara antusias menikmati arak Bali. Secara spontan menyatakan kepuasannya atas rasa khas dari arak Bali yang disajikan. Mereka menyebutnya sangat lezat dan berkualitas serta jarang ada cocktail party yang sajiannya seenak dan selengkap ini, sehingga antrian pun menjadi sangat panjang.

Tidak sedikit diantara para delegasi meminta tambahan arak Bali dan menanyakan langsung kepada Gubernur Koster terkait keberadaan minuman khas Bali tersebut, serta mencatat merk dan nomor kontak dari merk dagang arak Bali yang disajikan dalam acara tersebut.

Adapun arak Bali yang disajikan yakni sebanyak 14 produk/merk. Seperti Baliku Wine, Baliku Brandy. Bumbung, Dewan, 31 Buana, Selaka Ning, Sajeng Tamiang, Cempaga, Wanara Petak, Sajeng Patala, Balista, Dadisan, Deawa, dan Iwak Original.

Koster menyampaikan kepada para delegasi bahwa Bali memiliki minuman khas yaitu arak Bali berbahan alami dari kelapa, enau/aren, dan lontar yang diproses melalui destilasi secara tradisional, yang sangat sehat dan berkualitas, tidak kalah dengan minuman dari negara lain seperti Sake-Jepang, Soju-Korea, dan Whiskey-Eropa.

“Arak Bali merupakan warisan para tetua Bali yang menjadi salah satu sumber penghidupan masyarakat Bali secara turun temurun di desa-desa,” ujar Koster.

Dia menuturkan, sebelumnya arak Bali tidak bisa diperdagangkan, sehingga masyarakat mengalami kesulitan. Menyadari kondisi yang membelit masyarakat petani arak Bali, dia mengeluarkan kebijakan Peraturan Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi/Destilasi Khas Bali, sehingga mulai tahun 2022 arak Bali dan produk olahan arak Bali mulai bekembang pesat, serta mampu menumbuhkan pelaku usaha arak Bali, yang berdampak pada meningkatnya ekonomi rakyat.

Koster yang tampak dengan sabar dan telaten melayani para delegasi menikmati arak Bali, tak jemu-jemunya menuangkan dan menyodorkan minuman arak Bali serta memberikan penjelasan kepada para delegasi dari berbagai negara tersebut. Tos arak Bali mampu menggairahkan suasana dalam Groundwater Summit 2022, sebagai keramahtamahan untuk menyambut Bali sebagai tuan rumah WWF ke-10 Tahun 2024 mendatang.

Acara Cocktail Party ini juga diiringi gamelan dan penari Bali dari Diaspora Indonesia di Paris. Para penari dan penabuhnya kebanyakan WNA serta penampilan khusus seniman/musisi Bali, Gus Teja yang mampu menghibur para delegasi serta menambah suasana semakin hangat dan meriah. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *