Lantik Pejabat Baru, Koster Perintahkan Tulus Lurus dan Fokus

oleh -192 Dilihat
Suasana pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat baru di Gedung Gajah, Rumah Jabatan Gubernur Bali di Denpasar, Jumat (30/12).

DENPASAR, POS BALI – Gubernur Bali Wayan Koster melantik Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Wiryanata, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, Putu Sumardiana, dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bali, Ida Bagus Setiawan.

Para eselon II yang dilantik di Gedung Gajah, Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jumat (30/12), merupakan hasil seleksi terbuka (lelang) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bali. Ketiga pejabat baru itu merupakan ranking tertinggi dalam lelang tersebut.

Ngurah Wiryanata sebelumnya menjabat sebagai Kabid Humas dan Protokol Diskominfos Provinsi Bali, dilantik menggantikan Dewa Mantra yang memasuki purna tugas. Begitu juga dengan Ida Bagus Setiawan yang sebelumnya menjadi Kabid di Disnaker, dilantik menggantikan IB Ardha yang telah pensiun. Sementara itu, Sumardiana menggantikan Sudarsana yang kini mengemban tugas sebagai staf ahli.

Selain tiga pejabat tersebut, Wayan Koster juga melantik tiga pejabat lainnya. Yakni I Wayan Sugiada untuk perpanjangan sebagai Inspektur Provinsi Bali, kemudian I Wayan Serinah sebagai Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, dan mantan Kadis Perikanan dan Kelautan I Made Sudarsana yang kini sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Manusia dan Budaya.

Dalam arahannya, Wayan Koster meminta kepada para pejabat yang baru dilantik tersebut bekerja tulus, lurus, dan fokus sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Dia juga mengingatkan agar membuka buku matriks untuk mendalami kebijakan dan program sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali menuju Bali Era Baru.

Dikatakan, pelantikan ini sebagai evaluasi, dan juga mengisi jabatan baru yang ditinggal pensiun. Koster menegaskan, pihaknya tidak menonjobkan seseorang, dan menghambat karir PNS sebagai abdi administrasi negara. “Saya memutar beberapa posisi untuk mengoptimalkan capaian kinerja,” tegasnya.

Koster meminta semua pejabat untuk fokus kerja keras sesuai dengan regulasi yang telah dikeluarkan baik dalam bentuk Perda, berikut turunannya seperti Surat Edaran dan lainnya.

Kepada Kadisnaker dan ESDM, Wayan Koster juga menargetkan lima tahun ke depan Bali mandiri energi terbarukan. Mempercepat PLTS, motor listrik, tegas kepada penyalur PMI yang ‘nakal’, hingga mempercepat kartu PMI Krama Bali. “22 ribu PMI asal Bali harus masuk ke dalam sistem,” perintahnya.

Sementara itu, kepada Kadis Kelautan Sumardiana untuk melakukan lobi ke pusat. Mengingat, pejabat asal Singaraja sebelumnya menjabat sebagai Kepala Balai Kementerian.

Untuk di Bali, Koster meminta untuk melakukan terobosan seperti budidaya, perikanan, termasuk juga garam laut. “Bekerja dengan berkoordinasi dengan kepala OPD, kita satu tim work, satu kelompok. Pekerjaan secara bersama-sama,” pungkasnya. alt

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *