Gubernur Koster Serahkan BKK Rp 121,54 M di Tabanan

oleh -148 Dilihat
Gubernur Koster (tengah) didampingi Wagub Cok Ace (kiri) menyerahkan BKK kepada Pemerintah Desa se-Tabanan senilai Rp 9 miliar.

-Jaga Bali dan Laksanakan 44 Tonggak Peradaban Penanda Bali Era Baru

TABANAN, POS BALI – Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) menyerahkan bantuan ke Kabupaten Tabanan. Tepatnya di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Jumat (3/2).

Bantuan itu yakni: Bantuan Keuangan Khusus (BKK) senilai Rp 121,54 miliar; hibah aset tanah sebanyak 22 bidang seluas 98.685 m2; BKK kepada Pemerintah Desa se-Tabanan senilai Rp 9 miliar; BKK untuk Desa Adat senilai Rp 104,7 milar;  dan BKK kepada 128 Subak senilai Rp 3,99 miliar.

Dalam kesempatan itu, Wayan Koster mengajak Bupati Tabanan, Komang Gede Sanjaya bersama masyarakat-nya menjaga Bali dengan melaksanakan 44 Tonggak Peradaban Penanda Bali Era Baru, sehingga mampu bergerak maju dengan suatu peradaban yang kuat untuk masa depan Bali.

Menurut dia, Tabanan tidak bisa dibangun seperti kabupaten lainnya, karena merupakan lumbung pangan, sehingga konsep dan pendekatan pembangunan di Tabanan harus disesuaikan dengan potensi alamnya. Apabila pengelolaan tidak sesuai sebagai wilayah agraris, lanjut dia, maka tidak hanya Tabanan yang bermasalah, namun juga Bali juga akan terkena imbas, khususnya dalam pemenuhan bahan makanan ke depan.

“Karena itu, titiang mencanangkan Bali harus berdaulat dibidang pangan. Pangan-pangan utamanya harus dapat kita penuhi dari Bali, karena sumber dayanya ada di Bali. Mulai dari beras, buah, jagung, umbi-umbian dan sayur mayurnya juga ada,” jelasnya seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima redaksi POS BALI.

Pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat untuk menyayangi Tabanan dengan menjaga ekosistem alam. Seperti airnya bersih, lingkungannya tidak tercemar, dan terwujudnya pertanian organik. Salah satu upaya untuk menjaga ekosistem alam di Tabanan, kata dia, Kawasan Danau Beratan akan ditata secara rapi, agar tidak semrawut, dan kumuh.

“Kita tata kembali baik itu kios dan parkirnya, supaya Danau Beratan terjaga kelestariannya serta terlihat indah. Kemudian kita akan memberikan bantuan pupuk organik cair kepada Kabupaten Tabanan untuk mewujudkan pertanian organik, supaya kualitas pangan kita sehat dan terjaganya kualitas tanah,” bebernya.

Infrastruktur Kabupaten Tabanan menjadi perhatian Gubernur Bali, Wayan Koster, khususnya infrastruktur jalan, sehingga setiap tahun Pemerintah Provinsi Bali BKK untuk infrastruktur di Tabanan. Pada tahun ini, Tabanan mendapat Rp 97 miliar.

Koster juga menyinggung terkait infrastruktur jalan. Untuk itu, pihaknya setiap bakal memberikan BKK untuk infrastruktur di Tabanan. “Pada tahun ini, Tabanan mendapat Rp 97 miliar,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Tabanan, Komang Gede Sanjaya menyampaikan, kehadiran Gubernur Koster bersama Wakil Gubernur Bali merupakan sebuah kebangaan. Karena, disela-sela kesibukan masih menyempatkan waktu untuk hadir bertatap muka dengan tokoh masyarakat di Tabanan.

“Ini adalah sebuah bukti nyata, bagaimana menangkap getar-getar kerinduan masyarakat Tabanan untuk bertemu dengan pemimpinnya. Jujur saya sampaikan, dan saya selaku Bupati Tabanan dengan melihat 44 Tonggak Peradaban Penanda Bali Era Baru sangat luar biasa digagas oleh Gubernur Bali, Wayan Koster. Saya sudah menjadi Wakil Bupati Tabanan 2 Periode dan menjadi Bupati Tabanan baru 2 tahun, belum pernah melihat Gubernur Bali memiliki konsep yang sangat-sangat luar biasa,” pungkasnya.  alt

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *