Kebangspol Bali Bagikan Puluhan Tas Ramah Lingkungan 

oleh -145 Dilihat
Pegawai Badan Kesbangpol Bali tampak membagikan tas ramah lingkungan berlabel Bulan Bung Karno.

DENPASAR, POS BALI – Sederhana namun penuh makna. Hal itu dilakukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali dalam mendukung acara Pasar Rakyat Tim Penggerak PKK Provinsi Bali di Lapangan Puputan Margarana, Monumen Perjuangan Rakyat Bali “Bajra Sandhi”, Renon, Denpasar, Jumat (17/3) pagi.

Tiga orang pegawai dari Kesbangpol tampak membagikan tas ramah lingkungan berlabel Bulan Bung Karno kepada masyarakat yang kedapatan menggunakan tas kresek saat berbelanja di pasar itu. Dan dari 100 tas ramah lingkungan yang disiapkan, terbagi sebanyak 30 tas. Karena masyarakat lainnya, telah disiplin membawa tas ramah lingkungan dari rumah masing-masing untuk membawa barang belanjaannya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), I Gusti Ngurah Wiryanata, melalui Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa (Iwakterbang), I Komang Kusumaedi (IKK) mengungkapkan, aksi berbagi tas ramah lingkungan itu untuk pra menyambut Bulan Bung Karno yang diadakan setiap bulan Juni. “Jadi kami mengganti tas kresek dengan tas ramah lingkungan,” tuturnya.

Menurutnya, tas kresek itu tidak sesuai dengan Pergub Bali No 97 tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai (PSP). “Ini juga menindaklanjuti imbauan dari Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny Putri Koster agar para pembeli dan pedagang di Pasar Rakyat ini selalu mendukung program pemerintah untuk mengurangi sampah khususnya sampah plastik sekali pakai,” ujarnya.

Dikatakan, kendati Bulan Bung Karno dilaksanakan serentak di seluruh Bali pada bulan Juni 2023. Namun sejak bulan Maret 2023 di setiap Hari Jumat, Badan Kesbangpol Provinsi Bali ada aktivitasnya. Untuk menyukseskan itu, pihaknya berkolaborasi dengan Perangkat Daerah Pemprov Bali, para pelaku usaha, klinik kesehatan, ormas dan sukarelawan melaksanakan Pra Bulan Bung Karno dengan kegiatan karya bhakti sosial.

Diantaranya, pembagian paket sembako kepada disabilitas, cek kesehatan lengkap gratis, pijat tradisional gratis, donor darah, pembagian alat kebersihan, pembagian sardines, dan voucher belanja, serta pemberian bantuan uang sekolah kepada anak yatim piatu.

IKK juga mengungkapkan, di Badan Kesbangpol bakal menggelar bakti sosial yang direncanakan pada Jumat (24/3). “Kami telah membentuk Pos Terpadu Karya Bakti Sosial (KBS) Badan Kesbangpol. Selain itu, juga menjadi Sekretariat Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK),” ungkapnya. alt

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *