IKASI Bali Siap Cetak Atlet Berprestasi

oleh -150 Dilihat
Suasana pelatihan pelatih IKASI Bali

DENPASAR, POS BALI – Untuk mencetak atlet berprestasi Pengurus Provinsi Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Bali menggelar Pelatihan Pelatih Anggar Tingkat Dasar di Hotel Inna Bali, Jalan Veteran, Denpasar, Sabtu (1/4).

Kegiatan Pelatihan Pelatih Anggar hari ini diikuti sebanyak 25 orang dari perwakilan IKASI NTB, Sulawesi, Bengkulu, Denpasar, dan beberapa guru yang mengajar Sekolah Menengah Pertama di Bali.

Kegiatan bertajuk ‘Pelatih Bersinergi Menuju Atlet Berprestasi’ berlangsung dua hari, dari tanggal 1-2 April 2023, yang dibuka langsung Ketua Umum PB IKASI, Amir Yanto.

Pihaknya menyampaikan apresiasi atas pelatihan tingkat dasar yang dilaksanakan IKASI Bali. Bahkan, melibatkan peserta dari beberapa provinsi lainnya.

Pihaknya berharap, pelatihan pelatih tingkat dasar ini menghasilkan atlet-atlet berprestasi baik di kancah nasional maupun internasional, sesuai dengan jargon PB IKASI ‘Bersama untuk Prestasi’.

“Saya harap pelatihan pelatih ini menjadi barometer bagi perkembangan olahraga anggar, dan berharap agar kegiatan hari ini dapat mencetak pelatih yang berkualitas yang dapat menghasilkan atlet yang berkualitas tentunya,” harapnya.

Ketua KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan berharap besar terhadap cabang olahraga ini. Tak hanya mencetak atlet berprestasi, akan tetapi juga mampu menjadi daya tarik wisatawan.

“Saya harap IKASI Bali menjadi ajang sport tourism dan juga sport industri,” harapnya.

Sementara itu, Ketua IKASI Bali, I Gusti Agung Ngurah Susrama Putra menyampaikan kesiapan Bali untuk menjadi sentra pelatihan anggar di Bali.

Karena, lanjut dia, telah memiliki sumber daya manusia (SDM) yang cukup memadai, yakni adanya dua pelatih dari Madrid, Spanyol yaitu Eduardo Sepulveda dan Marc Font.

Untuk itu, pihaknya berharap dukungan dari PB IKASI maupun KONI Bali dalam mewujudkan Bali sebagai sentra pelatihan anggar di Indonesia.

“Olahraga anggar ini sangat berpotensi dalam mewujudkan program sport tourism maupun sport industri di Bali. Mengingat anggar ini selalu dipertandingkan di Olimpiade, karena olahraga ini salah satu pendirinya,” ungkapnya.

Untuk diketahui, di bawah kepemimpinan Susrama Putra, IKASI di Bali telah terbentuk di lima Pengkab/Pengkot.

Yakni Klungkung, Gianyar, Denpasar, Badung, Jembrana. Tak hanya itu, dua agenda juga sukses digelar, yakni Kejurprov pada November 2022, dan Pelatihan Pelatih Anggar Tingkat Dasar 2023.

Sedangkan terkait prestasi, atlet anggar juga telah mengharumkan nama Bali di kancah nasional maupun internasional.

Yakni meraih medali perunggu pada Banyuwangi Open 2022, dan mendulang medali emas beregu Epee dalam ajang MMF Minimie International Tournament di Kuala Lumpur tahun 2022. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *