Ogoh-ogoh Karya Seni Generasi Muda Bali

oleh -160 Dilihat
Gubernur Koster saat menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba ogoh-ogoh.

DENPASAR, POS BALI – Ogoh-ogoh merupakan salah satu karya seni kreasi generasi muda Bali. Ogoh-ogoh itu akan diarak saat hari pengerupukan, sehari menjelang Hari Suci Nyepi.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Bali, Wayan Koster saat menyerahkan piagam dan hadiah kepada pemenang lomba ogoh-ogoh sembilan kabupaten/kota tahun 2023, di Jayasabha Rumah Jabatan Gubernur Bali di Denpasar, Kamis (6/4).

Menurutnya, setiap tahun kreasi inovasi, hingga kualitas ogoh-ogoh yang dibuat generasi muda Bali semakin baik.

Pihaknya mengapresiasi kreativitas generasi, dalam upaya bersama melestarikan karya budaya, yang menjadi keunikan budaya di Bali.

“Ogoh-ogoh menjadi salah satu alih generasi untuk menjaga budaya Bali,” tegasnya.

Dikatakan, pelestarian seni budaya itu sesuai dengan visi yang dia jalankan, yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali menuju Bali Era Baru.

Koster juga mengungkap bahwa Bali tidak memiliki sumber daya alam seperti daerah lain. Seperti tambang, gas, batubara, dan lainnya.

Tapi Bali dengan luas 5646 meter persegi penduduk 4,4 juta tersebar di sembilan kabupaten/kota, Bali diberikan anugerah oleh Sang Pencipta, berupa adat, tradisi, seni, budaya, dan kearifan lokal.

Menurut dia, inilah yang menyebabkan Bali tegak, survive, eksis, terkenal di dunia, bahkan lebih terkenal dari Indonesia.

“Inilah yang menjadi daya tarik pariwista Bali. Menjadi daya tarik masyarakat dunia dengan keunikan budaya Bali. Budaya jadi hulu, dan berbauh pariwisata. Inilah yang harus dijaga turun temurun sepanjang zaman,” pungkasnya.

Adapun nominal hadiah uang tunai yang diserahkan Gubernur Bali, yakni untuk juara I Rp50 juta, juara II Rp35 juta, dan juara III Rp25 juta. alt

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *