Bapok Aman, Jangan Panik ‘Buying’

oleh -135 Dilihat
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali I Wayan Jarta

DENPASAR, POS BALI – Ketersediaan bahan pokok (bapok) jelang Lebaran aman. Bahkan, diprediksi mencukupi hingga 1,5 bulan ke depan. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bali, I Wayan Jarta melalui sambungan telepon, Senin (10/4).

“Kami mengimbau kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok tidak berlebihan. Cukup membeli sesuai kebutuhan, karena jika berlebihan akan berpotensi mempengaruhi harga. Sesuai keperluan saja. Jangan khawatir bahan pokok aman, dan jangan panic buying,” imbaunya.

Jarta mengungkap, pihaknya telah berkoordinasi dengan Disperindag Kabupaten/Kota dalam pengawasan ketersedian stok bapok. “Memang terjadi psikologi pasar, namun secara keseluruhan harga cenderung stabil. Misalnya cabai yang sekarang ini sudah mengalami penurunan,” ungkapnya.

Sebagai antisipasi dan upaya untuk menjaga stabilitas harga, Jarta mendaku telah melakukan pasar murah di penyangga kota. Yakni di Gianyar, dan di Tabanan. “Ini bersinergi dengan stakeholder. Kalau di Denpasar, sudah dilaksanakan pasar murah oleh Pemerintah Kota-nya,” pungkasnya.

Adapun harga beberapa bapok dari data Disperindag Bali, yakni beras Bulog di Pasar, Badung Pasar Nyanggelan, dan Pasar Kreneng Rp9 ribu per kilogram. Beras Premium (Puteri, Bolong) Rp13 ribu per kilogram, beras Cap IR 64 (premium), biasa lokal (medium), dan beras Cap Sunari (medium) Rp12 ribu per kilogram.

Minyak goreng curah Rp15.300 per liter, minyak kemasan (premium) Rp18 ribu per liter, dan minyak Kita Rp15 ribu per liter. Cabai yang sebelum naik, kini cabai rawit merah Rp28-30 ribu per kilogram, sedangkan cabai hijau Rp25-30 ribu per kilogram. Cabe merah besar Rp28 – 30 ribu per kilogram, dan cabai merah keriting Rp 30 ribu. Bawang merah Rp30-33 ribu per kilogram, dan bawang putih Rp27-30 ribu per kilogram.

Sementara untuk daging ayam broiler Rp33-33.500 per kilogram, ayam kampung Rp65-70 ribu per kilogram, daging babi Rp80 ribu per kilogram, daging sapi paha belakang 110 ribu per kilogram, sapi has luar 120 -130 ribu per kilogram, sapi sandung lamur Rp 95 – 98 ribu per kilogram, sapi tetelan Rp85-95 ribu kilogram, dan daging sapi has dalam Rp135 – 140 ribu per kilogram. alt

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *