Tahap Pertama Seleksi Calon Anggota Bawaslu Bali

oleh -139 Dilihat
Wisnumurti (tengah) saat sosialisasi di Kantor Bawaslu Kabupaten Gianyar pada Jumat .

DENPASAR, POS BALI – Seleksi Calon Anggota Bawaslu Provinsi Bali telah dimulai dengan tahapan pelaksanaan seleksi pertama. Yaitu konsolidasi anggota yang dimulai dari tanggal 12 – 14 April 2023 di lima tempat. Yakni Karangasem, Badung, Buleleng, Tabanan, dan Gianyar.

Hal tersebut disampaikan, Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Provinsi Bali, Anak Agung Gede Oka Wisnumurti. Menurutnya, tim seleksi terdiri dari lima orang dengan anggota Jerry Sumampow, Prof. Putu Gede Arya Sumerta Yasa, Radian Syam, dan I Putu Tuni Cakabawa.

“Kami sudah membagi diri. Ada yang di Buleleng, ada yang di Karangasem, kemudian ada yang di Badung, Tabanan dan saya di Gianyar,” katanya seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima redaksi POS BALI, Jumat (14/4).

Dikatakan, dirinya melakukan sosialisasi di Kantor Bawaslu Kabupaten Gianyar. Dia menegaskan, sosialisasi ini untuk memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat Bali, baik itu tokoh masyarakat, kaum perempuan, dan termasuk kaum difabel, serta masyarakat seluruhnya bahwa ada seleksi calon anggota Bawaslu Provinsi Bali periode 2023-2028.

Lanjutnya, mekanisme seleksi diawali dengan melampirkan berkas lamaran dari tanggal 17 April – 3 Mei 2023. Selanjutnya berkas akan diperiksa sesuai dengan ketentuan undang-undang. Namun, lanjut dia, tidak menutup kemungkinan juga akan diperpanjang jika persyaratan, khususnya kuota pendaftar belum memenuhi. “Mudah-mudahan tahap awal ini bisa kami penuhi,” harapnya.

Dijelaskan, dari lima anggota calon Bawaslu setidaknya terdapat 40 orang pendaftar. Dari jumlah itu, 30 persen merupakan kuota perempuan. “Bagi kaum perempuan, ayo kita bareng-bareng menjadi penjaga demokrasi karena. Kita sadari keberadaan Bawaslu akan memberikan makna yang sangat luar biasa bagi proses demokrasi yang dilaksanakan,” ajaknya.

Disinggung terkait tahapan Pemilu sudah berjalan, Wisnumurti mengungkapkan, meskipun saat ini sedang adanya proses penggantian anggota Bawaslu, namun setelah terpilih nanti, anggota Bawaslu yang baru harus meneruskan tahapan pemilu yang sudah berjalan tersebut.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Gianyar, I Wayan Hartawan mengapresiasi sosialisasi pemilu ini. Karena akan membuktikan lembaga Bawaslu sangat terbuka kepada masyarakat. “Dengan demikian kami berharap juga semua komponen masyarakat laki perempuan beserta kelompok difabel juga ikut dalam seleksi ini,” harapnya.

Untuk diketahui, anggota Bawaslu yang sedang berjalan saat ini akan mengakhiri masa tugasnya pada 23 juli 2023, sehingga anggota Bawaslu yang terpilih nanti akan melanjutkan tahapan tugas anggota Bawaslu yang sudah purna bakti tersebut. alt

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *