Pungut Sampah Plastik, Langkah Kecil Jaga Pantai Mertasari Tetap Bersih

oleh -122 Dilihat
Komunitas  peduli lingkungan tampak foto bersama di sela-sela melakukan aksi bersih-bersih sampah plastik.

DENPASAR, POS BALI – Belasan orang mayoritas berkaos kuning tampak menenteng sepi dan sebuah kampil. Kendati sang surya bersinar terik, namun mereka terlihat awas, sibuk merunduk di bibir Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar, Sabtu (15/4) sore.

Rupanya, mereka dari kelompok masyarakat peduli lingkungan The Trash Hero Indonesia, yang tengah sibuk memungut sampah plastik di sepanjang pantai berpasir putih ini. Langkah kecil itu diharapkan menjaga pantai ini tetap bersih.

Chapter Leader The Trash Hero Sanur, Wayan Maja menyampaikan, memungut sampah plastik ini merupakan rutinitas setiap minggu, yang dilaksanakan setiap pukul 16.00 WITA pada hari Sabtu. “Cuma satu jam saja,” ungkapnya.

“Kami memungut sampah plastik, termasuk juga kertas minyak yang lapisannya plastiknya itu tipis dan lebih berbahaya jadi mikro plastik,” lanjutnya sembari melempar senyum.

Menurutnya, aksi bersih-bersih sampah plastik di pantai ini diikuti beberapa komunitas dari hotel yang ada di seputaran Sanur. Tak hanya itu, juga melibatkan ekspatriat yang kebetulan sudah lama tinggal di Sanur ini.

Dia menilai, masyarakat saat ini sudah mulai sadar tentang bahaya sampah plastik. “Kalau bisa pemerintah lebih gencar memberikan edukasi dan informasi dengan turun langsung ke masyarakat. Yakni ke banjar-banjar untuk memberikan pengarahan supaya mengurangi sampah plastik sekali pakai,” harapnya.

Disinggung terkait adanya gerakan plastic exchange serta bank sampah, pihaknya menilai dari dua sisi. “Jika masyarakat ekonomi kebawah tentu akan termotivasi untuk memungut sampah dan membawa ke bank sampah, atau menukar sampah plastik dengan beras atau lainnya sebagainya,” ujarnya.

Namun disisi lain, ujar dia, masyarakat akan membeli produk yang terbungkus plastik. Karena, plastik bekas itu bernilai ekonomis. “Itu yang saya lihat. Tapi dari sisi bank sampah juga ada baiknya untuk mengurangi sampah plastik,” jelasnya.

Dia menambahkan, aksi bersih-bersih ini juga akan diunggah ke media sosial. Dengan harapan, mampu menggetok tularkan kepada generasi muda untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Paling tidak, mereka tidak membuang sampah plastik sekali pakai. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *