Duta GenRe Karangasem 2023, Remaja Berkualitas Aset Negara

oleh -75 Dilihat
Peserta pemilihan Duta GenRe Karangasem tampak foto bersama di Aula Sabha Widya Praja, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem, Senin (1/5).

KARANGASEM, POS BALI – Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana melaksanakan pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Karangasem Tahun 2023.

Pemilihan Duta GenRe yang dibuka Bupati Karangasem I Gede Dana, berlangsung di Aula Sabha Widya Praja, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem, Senin (1/5).

Kali ini, pemilihan Duta GenRe bertema ‘Yowana Manunggal Mahottama’, yakni duta GenRe yang cerdas, berani, tegas dan idealis, guna membangun generasi yang berkualitas ke depannya.

“Remaja yang berkualitas merupakan aset berharga yang dimiliki oleh suatu negara, sehingga semakin banyak generasi muda yang berkualitas maka semakin kuat suatu negara,” kata Gede Dana.

Menurutnya, segala sesuatu harus terencana. Apalagi dalam membentuk sebuah keluarga. “Kalau sudah terencana, semua akan menjadi mudah termasuk dalam perencanaan memiliki anak. Tidak akan menjadi masalah kalau punya anak 4 asal terencana siap fisik dan mental termasuk juga siap dari sisi ekonomi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BKKBN Provinsi Bali, dr. Luh Gede Sukardiasih menyampaikan pentingnya role model sebagai penggerak bagi remaja untuk terhindar dari pengaruh pengaruh negatif.

“Sesuai dengan semboyan Genre katakan tidak pada seks bebas ,katakan tidak pada pernikahan dini, dan katakan tidak pada narkoba. Inilah tiga hal penting yang harus dihindari oleh remaja untuk menjadi generasi yang berkualitas,” ujarnya.

Diharapkan, terbentuknya Duta GenRe di setiap desa, bakal menjadi role model yang baik bagi remaja serta menjadi penggerak bagi remaja di lingkungannya.

Adapun hasil dari pemilihan Duta GenRe tersebut, Juara I Putra diraih I Gede Bangkit Jayendra Kasa dari SMAN 1 Amlapura, sedangkan Juara I Putri diraih Ni Putu Ariwati Widnyani dari SMAN 2 Amlapura. Dalam acara itu, juga diisi dengan pemilihan Duta Favorit, Duta Motivator, dan Duta Media Sosial Inspiratif. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *