Studi Tiru ke Bali, Satpol PP Kaltim Adopsi Kearifan Lokal Perda Trantibumlinmas

oleh -332 Dilihat
Satpol PP Bali dan Kaltim tampak foto bersama. Foto/ist

DENPASAR, POS BALI – Tak hanya sebagai destinasi wisata dunia, Bali juga jadi pusat percontohan karena pemerintah menerapkan kebijakan berdasarkan kearifan lokal.

Budaya, adat – istiadat, seni, dan kearifan lokal Bali menjadi tatanan dalam menjalankan program sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali menuju Bali Era Baru.

Seperti yang dilakukan Satpol PP Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang melakukan studi tiru ke Satpol PP Provinsi Bali dalam merancang Perda Ketentraman, Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat (Trantibumlinmas), Rabu (17/5).

Kasatpol PP Kaltim, AFF Sembiring menyampaikan, ke Bali untuk melakukan studi tiru. “Kami mengadopsi penerapan kearifan lokal yang dimasukkan ke dalam Perda Trantibumlinmas kami nantinya,” jelasnya.

Menurutnya, hasil studi tiru bakal diserahkan, dan jika masih memungkinan diseleraskan ke dalam Perda yang saat ini posisinya sudah berada di Biro Hukum.

“Dari pemikiran saya ini sangat baik. Karena manusia sejak lahir hingga ke makam, harus tenteram dan tertib. Apalagi sedang dibangun IKN yang berdampak pada perubahan situasi dan kondisi karena menjadi pusat pemerintahan baru,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasatpol PP Provinsi Bali, Dewa Nyoman Rai Dharmadi, menyambut baik kunjungan studi tiru Satpol PP Kaltim.

“Disamping membahas studi tiru, tentu kami juga berbagi informasi dalam menjalankan tufoksi sebagai penegak Perda maupun Perkada,” tegasnya. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *