Cabor Arung Jeram Lakukan FAJI Bali Cup I

oleh -259 Dilihat
Undangan dan atlet foto bersama dalam pembukaan FAJI Bali Cup I di Alaska Avanture Bongkasa Badung.

– Mencari Atlet untuk Pra PON 2024

MANGUPURA, POS BALI – Cabang Olahraga (Cabor) baru di KONI Bali yakni; Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Bali melaksanakan FAJI Bali Cup I di Alaska Aventure Bongkasa, Badung.

Kejuraan tersebut dibuka Ketua Umum KONI Bali Oka Dermawan, berlangsung dua hari tanggal 20 dan 21 Mei 2023 diikuti Pengkab/Pengkot FAJI se- Bali.

Ketua Panitia FAJI Bali Cup I, I Wayan Suweca mengatakan, kegiatan yang baru pertama kali tersebut berhadiah total Rp50 juta diikuti ratusan atlet dan calon atlet Arung Jeram di Bali.

“Sejumlah atlet terbaik yang diperoleh dari kejuaraan ini, akan digodok untuk persiapan menghadapi pra PON tahun 2024. Kami akan mencari paling sedikit 16-20 atlet untuk ke PON nanti”, kata Suweca yang juga Ketua Harian FAJI  dan pemiliki Alaska di bilangan desa Bongkasa.

Suweca juga optimis, dalam PON nanti atlet arung jeram Bali akan dapat menggaet sejumlah medali emas.

“Arung jeram Bali termasuk yang diperhitungkan di tingkat nasional. Kami sudah lihat prestasi atlet daerah lain di Indonesia. Semoga Bali tidak ketinggalan dengan daerah lain,” pungkas Suweca.

Ketua Umum Pengurus Provinsi FAJI Bali Dr. I Ketut Subadra berharap, semua atlet arung jeram di Bali bersatu padu meningkatkan prestasi. Semua atlet diharapkan menjaga disiplin, berlomba secara jujur dan selalu menaati aturan kejuaraan yang berlaku.

Sebelum membuka FAJI Bali Cup I tersebut, Ketua Umum KONI mengatakan, setiap cabor olahragta anggota KONI Bali harus melakukan tiga hal utama. Pertama secara rutin tiap tahun mengadakan rapat kerja, rutin melaksanakan kejuaraan, dan empat tahun sekali melakukan Musyawarah Olahraga memilih pengurus yang baru. Tiga kegiatan tersebut dilakukan secara teratur, sehingga tetap dapat dianggap sebagai anggota KONI. Dalam keanggotaan KONI ada cabor yang dapat didegradasi, jika tidak dapat melakukan aktivitas olahraga secara teratur.

Ia menjelaskan, pembinaan anggota KONI dilakukan berdasarkan peringkat prestasi yang diperoleh atletnya dalam multi event seperti PON.

Oka Dermawan berharap atlet arung jeram akan memperkuat Bali dalam PON Sumatra Utara dan Aceh tahun 2024, sehingga Bali dapat mempertahankan posisi peringkat ke-5 dalam PON dari 38 Provinisi yang  ada di Indonesia. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *