ToT Cabor, KONI Badung ‘Mantap Jiwa Juara’

oleh -146 Dilihat
Suasana pembukaan pelatihan pelatih cabor KONI Badung di Ballroom Hotel Infinity8 Bali, Jalan Bypass Ngurah Rai, Jimbaran, Nusa Dua, Badung, Selasa (30/5).

MANGUPURA, POS BALI – Ratusan patriot olahraga di bawah naungan KONI Badung berkumpul di Ballroom Hotel Infinity8 Bali, Jalan Bypass Ngurah Rai, Jimbaran, Nusa Dua, Badung, Selasa (30/5).

 

Rupanya, KONI Badung menggelar Pelatihan Pelatih/Training of Trainer (ToT) cabang olahraga (cabor) bertajuk ‘Mantap Jiwa Juara’, dalam upaya mencetak atlet potensial yang mampu meraih prestasi, mengharumkan nama Badung, Bali, dan Indonesia.

 

Ketua Panitia I Made Sutama menyampaikan, ToT bertujuan untuk meningkatkan SDM pelatih berdampak peningkatan prestasi di Badung berkontribusi ke nasional.

 

Dikatakan, kegiatan ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 30 – 31 Mei 2023 dengan menghadirkan instruktur berkompeten dari Undiksha Singaraja. “Jumlah yang ikut sebanyak 98 orang dari pelatih fisik dan teknik,” jelasnya.

 

Salam Olahraga! Jaya! Jaya! Jaya! KONI Badung? Mantap Jiwa Juara! Yel-yel yang disampaikan Ketua KONI Badung, I Made Nariana bergema di ballroom ini.

 

Dalam kesempatan itu, Nariana mengungkapkan langkah yang bakal dilakukan KONI Badung dalam meningkatkan prestasi para atlet. Yakni regenerasi atlet, reshuffle, hingga mengganti pelatih.

 

“Mulai sekarang melakukan pelatihan pelatih dengan teori baru yang bersifat alamiah, sehingga tidak ada istilah nak mulo keto (memang seperti itu, red). Pasti ada yang baru,” tegas Nariana.

 

Nariana juga mengungkap komitmen Pemkab Badung dalam mencetak atlet terbaik di Bali. “Kalau ada cabor yang dikalahkan kabupaten lain, itu keterlaluan. Karena dana kita cukup memadai, meskipun seperti Covid-19 kemarin. Atlet yang meraih emas di Porprov mendapatkan bonus Rp70 juta. Ke depan kita harap ditingkatkan Rp80 juta, dan ini sudah menjadi perhatian Bapak Bupati,” ungkapnya.

 

Selain itu, Nariana meminta pelatih untuk terus menerus bekerja dan turun ke lapangan untuk mengembangkan kualitas atlet Badung, khususnya dalam menyongsong Porprov 2025.  “Kita dalam waktu dekat ada agenda Pra PON. Kemarin di PON Papua 65 persen dari atlet Badung dan berhasil meraih 12 emas untuk Bali. Ke depan saya harap 75 persen atlet Bali dari Badung dalam PON Aceh dan Sumut,” harapnya.

 

“Terima kasih kepada Undiksha Singaraja yang memberikan teori-teori terbaru. Tolong kepada para peserta ditekuni,” imbuhnya.

 

Sementara itu, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta dalam sambutan yang dibacakan Asisten Pemerintah dan Kesra Wayan Sujendra yang sekaligus membuka ToT ini menyampaikan, ToT ini untuk menguasai ilmu pengetahuan, sehingga diharapkan mampu melahirkan atlet yang lebih optimal bagi daerah hingga internasional.

 

Menurutnya, mengikuti IT merupakan hal mutlak yang harus dikuasai dalam mengembangkan olahraga, khususnya menyambut Porprov Bali 2025. “Untuk itu, saya menyambut baik dan mengapresiasi pelatihan pelatih ini,” ujarnya.

 

Dia menambahkan, proses pembangunan dan pengembanagn olahraga melalui ToT merupakan kekuatan moral, dan kedudukannya strategis.

 

“Saya harap kegiatan ini menumbuhkan kepekaan dalam meningkatkan prestasi, berperan aktif, menumbuhkan jiwa, dan sikap patriotisme. Kemudian meningkatkan bidang semangat yang profesional. Saya harap kegiatan ini berkelanjutan dalam menghadapi Porprov Bali 2025 guna meraih juara umum untuk ke 10 kalinya. Bapak Bupati akan mendukung baik moral maupun materiil,” pungkasnya. alt

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *