Musprovlub PGSI Bali, Dewa Dharmadi Nakhodai Gulat

oleh -457 Dilihat
Musprovlub PGSI Bali, Dewa Dharmadi Nakhodai Gulat

DENPASAR, POS BALI – Kasatpol PP Provinsi Bali, Dewa Nyoman Rai Dharmadi menerima mandat dari Pengurus Pusat (PP) Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI), dan terpilih secara aklamasi untuk menakhodai PGSI Bali masa bakti 2023/2027.

Hal itu terungkap dalam Musyawarah Provinsi Luar Biasa (Musprovlub) yang dihadiri Sekjen PP PGSI Gusti Randa, Ketua KONI Bali IGN Oka Darmawan, Peninjau PGSI kabupaten/kota se-Bali, serta undangan lainnya, di Aula PT Asta Denpasar, Jalan Gunung Galunggung, Ubung Kaja, Denpasar, Sabtu (10/6).

Dalam Musprovlub itu, juga terungkap bahwa Ketua PGSI Bali sebelumnya, Izzuddin Don mengundurkan diri. Selain itu, pihak panitia pelaksana juga menyampaikan, telah melakukan rapat dengan pengcab, rapat pengurus PGSI, kemudian melakukan penjaringan, hingga rapat persiapan Musprovlub.

Gusti Randa yang mewakili Ketua Umum PP PGSI, Trymedia Panjaitan berharap pengurus PGSI Bali bisa melanjutkan program kerja dari PP PGSI. “Semua harus terintegrasi. Atlet bagus, pelatih bagus, wasit juga, dan juga organisasinya. Jadi semua harus satu kesatuan,” harapnya.

Diharapkannya juga, kepengurusan yang baru bisa melakukan akselerasi lebih cepat, sehingga gulat Bali bisa semakin berkembang.

Gusti Randa menambahkan di luar Musprovlub, Bali akan ditunjuk menjadi tuan rumah World Beach Games. Dalam event itu, cabang olahraga gulat dipertandingkan. “Kemudian bulan depannya (September) ada Pra-PON, dan saya berharap Bali bisa menjadi tuan rumah,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan yang hadir menambahkan, musprovlub ini hari yang bersejarah untuk PGSI Bali. Dikatakan, organisasi itu adalah sesuatu yang sangat penting untuk mencapai hasil optimal.

“Organisasi yang aktif akan berbanding lurus dengan prestasi. Dengan catatan ada tujuan dari jangka pendek sampai program jangka panjang,” ujar Oka Darmawan.

Kemudian, lanjut dia, ada strategi tertentu untuk mencapai prestasi, salah satunya prestasi di PON. “Termasuk pembinaan dari tingkat paling bawah harus dikembangkan dan harus berproses dan ini perjalanannya panjang serta berjenjang. KONI Bali pasti siap mensupport karena gulat bagian dari anggota KONI Bali,” imbuhnya.

Sementara itu, Dewa Dharmadi menyatakan terima kasih atas dukungan dan siap mengemban penuh tanggung jawab yang diberikan tersebut.

“Fokus pertama adalah organisasi yang profesional. Jika sudah profesional, maka program bisa jalan. Tentu harus ada konsolidasi dulu dengan pengurus baru maupun pengurus lama agar program bisa berjalan dengan goal utama adalah prestasi,” ujarnya.

Selain itu, pembinaan berjenjang wajib digelorakan mulai dari tingkat usia dini. Karena cabang olahraga gulat sendiri menjadi salah satu unggulan saat ini pascamendulang prestasi membanggakan di arena SEA Games 2023 lalu.

“Sesuai dengan arahan ada lima unsur di olahraga yang perlu kami kembangkan yakni atlet, pelatih, wasit, organisasi, dan infrastruktur. Tentu semua ini harus ada kerja sama dari seluruh stakeholder dan ini perlu proses yang panjang,” pungkasnya. alt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *